Kemenag Salurkan Zakat Dan Bantuan Masjid Pada Momen TMMD Di Desa Gerlang

* Kasi Bimas Islam H. Sodikin sedang menyampaikan penyuluhan tentang Undang-Undang Perkawinan

Batang – Salah satu sinergitas yang dilakukan oleh Kemenag Kab bersama TNI adalah ikut serta menyukseskan program TMMD sengkuyung Kabupaten Batang yang digelar ditahun ini. Wujud sinergitas itu selain memberi penyuluhan tentang Undang-Undang Perkawinan di tempat TMMD berlangsung, Kemenag juga memberikan Bantuan pada Masjid serta mentasarufkan zakat pada masyarakat. Seperti pada hari ini Rabu (29/09) dipimpin langsung oleh Kepala Kantor memberikan bantuan pada Masjid dan mentasarufkan zakat di desa Gerlang Kecamatan Blado Kab. Batang yang memang menjadi arena kegiatan TMMD tahun ini. Ikut dalam rombongan kepala Sub. Bagian TU, Para Kasi, Penyelenggara Zakat Wakaf, Ketua UPZ serta Kepala KUA Kecamatan Blado.

Dalam sambutanya Kepala Kantor  Kemenag Kab. Batang H. M. Aqsho mengatakan bahwa pihaknya selalu bersinergi dengan TNI kususnya dalam semua kegiatan TMMD menurutnya Kemenag selalu ikut serta apa yang menjadi tugas pokoknya.

“ Kementerian Agama selalu melakukan bersinergi pada semua kementerian lain, lembaga pemerintah lain, TNI maupun pemerintah Daerah. Termasuk hari ini saya bersama para pejabat Kemenag datang di Desa Gerlang yang merupakan kawasan tertinggi di Kabupaten Batang yang menjadi tempat kegiatan TMMD tahun ini,” kata H.M. Aqsho.

Dia menegaskan bahwa TMMD selain melaksanakan kegiatan fisik seperti membangun jalan, saluran air dan sebagainya juga tidak ketinggalan adalah melaksanakan kegiatan non fisik dimana setiap kementerian ataupun bidang diberi kesempatan untuk memberikan materi baik yang berwujud pembinaan, sosialisasi maupun penyuluhan.

“ Sebagaimana kita ketahui bahwa program TMMD yang dilaksankan oleh TNI bersama pemerintah Kabupaten itu tidak hanya melaksanakan kegiatan fisik saja seperi membangun jalan, saluran air dan lainnya, namun juga melaksanakan kegiatan non fisik yang melibatkan seluruh potensi pemerintah, Kementerian Agama dalam hal ini juga ikut menyukseskan TMMD kali ini kususnya dalam kegiatan non fisik dengan memberikan sosialisasi tentang Undang-undang Perkawinan,” tegasnya.

* Kepala Kantor Kemenag sedang memberikan bantuan pada pembangunan Masjid dan membagikan zakat pada 40 mustahik

Sementara itu Ketua UPZ Hj. Mahmudah yang dihubungi secara terpisah mengatakan bahwa Kemenag dalam kegiatan TMMD di desa Gerlang ini dapat membantu pembangunan Masjid sebesar Rp. 5 juta serta mentasarufkan zakat untuk fakir miskin sebesar Rp 8 Juta rupiah.

“ Pada kesempatan TMMD di desa Gerlang Kecamatan Blado kali ini alhmadulillah kita dapat menyalurkan bantuan untuk pembangunan masjid sebesar Rp. 5 Juta dan mushaf Alquran mujazak juga menyalurkan zakat sebesar Rp. 8 Juta yang diterimakan pada 40 mustahik, dimana masing-masing sebesar Rp. 200 ribu ,” jelas Hj. Mahmudah.

Dia juga menegaskan bahwa dana yang disalurkan ini bersumber dari dana UPZ yang diperoleh dari seluruh ASN yang disetor setiap bulan . (Zy)