Kemenag Sampaikan Doa Pada Hari Pahlawan

REMBANG – Pemerintah Kabupaten Rembang menggelar serangkaian acara memperingati Hari Pahlawan, Jum’at (10/11). Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang turut andil dengan menyampaikan doa pada rangkaian acara tersebut.

Kegiatan utama yaitu Upacara Hari Pahlawan yang digelar di halaman kantor Bupati pada Jum’at pagi (10/11). Bertindak sebagai inspektur Upacara yaitu Bupati Rembang, Abdul Hafidz. Sementara doa disampaikan oleh Ketua Penyuluh Agama Islam, Mukhlisin. Hadir dalam upacara tersebut segenap jajaran Forkominda dan ASN di lingkungan Pemkab Rembang.

Bupati menyampaikan sambutan Menteri Sosial Republik Indonesia. Dipaparkannya, Hari Pahlawan ini diperingati berdasarkan pertempuran hebat pada 10 november 1945 di Surabaya.

Dikatakan Bupati, peristiwa 10 November banyak melahirkan sejarah. Di antaranya teriakan Bung Tomo untuk membakar semangat para pejuang yang biasa disebut dengan pekik.

“Selain itu, keluarnya fatwa resolusi jihad untuk melawan penjajah, oleh pendiri jam’iyah Nahdlatul Ulama Hadratus Syeh KH Hasyim Asy’ari. Dikumandangkannya lagu Indonesia Raya oleh WR Soepratman. Serta lantunan syi’ir Subbanul Wathon oleh KH Wahab Chasbullah,” ungkapnya.

Doa bersama juga dilakukan oleh pemkab di makam Pahlawan RA Kartini yang berlokasi di Desa Bulu, Kecamatan Bulu. Kepala KUA Bulu, Djabar Alif bertindak sebagai pemimpin tahlil.

Djabar mengatakan, RA Kartini merupakan salah satu tokoh Pahlawan Nasional yang turut mengharumkan nama Rembang. Doa di makam RA Kartini ini diadakan setiap hari Pahlawan dan Hari Kartini.

Sementara di MTsN Sulang juga digelar doa bersama memperingati Hari Pahlawan ini. Doa bersama ini diikuti oleh segenap peserta didik MTsN Sulang di halaman madrasah. Kepala MTsN Sulang, Warsan mengatakan, doa bersama ini bertujuan untuk mengenang jasa-jasa Pahlawan kemerdekaan, sekaligus meneladani perjuangan mereka.– ss/bd