Kemenag Santuni Yatim Piatu

Rembang – Peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-71 Kementerian Agama kali ini dimaknai sebagai refleksi rasa syukur atas pencapaian kinerja yang telah diperoleh Kementerian Agama. Selain itu, juga refleksi muhasabah, bahwa sebagai ASN, segenap pegawai harus memperbaiki kinerja tahun lalu, dan meningkatkan kinerja serta pelayanan terhadap masyarakat.

Demikian dikemukakan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang, Atho’illah saat acara tasyakuran memperingati Hari Amal Bakti ke-71 Kementerian Agama yang digelar di musholla Al-Ihlas, Kamis (29/12).

Di hadapan puluhan pegawai dan Kepala KUA, Atho’illah mengatakan, kita bersyukur bahwa tahun 2016 ini, Kementerian Agama telah memperoleh indeks Reformasi Birokrasi yang semakin naik. “Hal ini harus menjadi pemicu kita untuk semakin bekerja lebih baik lagi. Sebagai tema dan tagline HAB kali ini yaitu Lebih Dekat melayani Umat, Bersih Melayani,” tandas Atho’illah.

Sesuai dengan Surat Edaran dari Sekjen Kementerian Agama RI, acara tasyakuran digelar secara sederhana. Diawali dengan takhtimul qur’an, dan sebagai puncak acara yaitu pemberian santunan kepada yatim piatu. Santunan ini berasal dari sumbangan seluruh ASN di Kankemenag Kabupaten Rembang. “Sebagian gaji/harta kita itu ada hak orang lain, salah satunya adalah hak anak-anak yatim ini,” kata Atho’illah.

Bantuan ambulans

Terpisah, Badan Amil Zakat Daerah Kabupaten Rembang menyerahkan mobil ambulans kepada Kecamatan Sulang. Mobil ini diserahterimakan dari Ketua MUI Kabupaten Rembang, Munib Muslih kepada Plt Camat Sulang, Slamet Haryanto, di pendopo Kecamatan Sulang.

Dalam sambutannya, Munib menjelaskan, ambulans ini dapat digunakan untuk melayani secara gratis warga yang sedang sakit atau mengantarkan jenasah. Adapun cakupan masyarakat adalah warga Sulang dan sekitarnya.

“Dengan demikian, Bazda Rembang telah memiliki empat ambulans, yaitu di Kecamatan Rembang, Kecamatan Kragan, Kecamatan Pamotan, dan Kecamatan Sulang,” terang Munib.— (ss/gt)