Kemenag Selenggarakan AKSIOMA KE 8

Blora – Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Blora mengadakan Ajang Kompetisi Seni dan Olah Raga Madrasah (AKSIOMA) Tahun 2017 tingkat Kabupaten di MTs Negeri Blora Jepon.

AKSIOMA yang dilaksanakan pada hari Kamis, 6 Juli 2017 tersebut diikuti oleh 429 peserta terdiri dari  64 siswa Madrasah Aliyah, 205 siswa Madrasah Tsanawiyah dan 160 peserta dari siswa Madrasah Ibtidaiyah. hadir dalam acaratersebut Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Blora, H. Nuril Anwar,SH,MH dan dihadiri kasi kasi dan gara Syariah kankemenag Blora, pengawas, kepala madrasah se-kabupaten Blora serta guru dan official.

Dalam amanatnya Nuril Anwar, mengatakan bahwa “AKSIOMA ini sebagai ajang pembinaan siswa madrasah di bidang seni dan olah raga, dimana Pembinaan ini harus dilaksanakan secara terus menerus agar bakat dan minat yang dimiliki oleh siswa madrasah bisa terus dipacu menjadi yang terbaik,” ucapnya

Menurutnya, “salah satu indikator madrasah yang maju adalah banyak memperoleh prestasi di bidang seni dan olah raga. Oleh karena itu, kepala madrasah harus benar-benar berpacu melakukan pembinaan secara serius agar siswa-siswinya memperoleh banyak prestasi dibidang seni dan olah raga,” tegasnya

Nuril menandaskan bahwa selama ini prestasi madrasah di tingkat Provinsi Jawa Tengah masih jauh dari harapan. “Kami minta kepada juri dan wasit untuk benar-benar jeli, teliti dan obyektif agar diperoleh juara sejati yang akan dikirim ke tingkat Jawa Tengah, sehingga kita akan terus meningkatkan prestasi siswa”  imbuhnya.

Kasi Pendidikan madrasah Parmono, menyampaikan bahwa kegiatan dua tahunan tersebut diselenggarakan bertujuan untuk membangun citra madrasah sebagai basis pengembangan rohani, jasmani, skill dan intelektualitas, Mengembangkan potensi-kreativitas siswa, memberi kesempatan dan penghargaan bagi siswa berprestasi sesuai dengan minat dan bakatnya.

Selain itu, dalam sambutan upacara penutupan, Parmono juga mengatakan bahwa semua Juara I dari seluruh kategori akan dikirim ke AKSIOMA Tingkat Jawa Tengah yang akan dilangsungkan pada tanggal 16 s.d. 18 Juli 2017 di Asrama Haji Donohudan Solo, kecuali cabang seni hadroh yang hanya dipilih satu group terbaik diantara group putra atau putrid karena keterbatasan DIPA. Lebih lanjut Kasi Penma meminta kepada seluruh siswa yang menjadi juara 1 untuk lebih tekun berlatih agar bisa bersaing di tingkat Jawa Tengah. Kami merindukan prestasi di tingkat Jawa Tengah, imbuhnya

Adapun cabang seni yang dilombakan adalah MTQ tingkat MI, MTs, MA putra-putri, Pidato Bahasa Indonesia MI putra-putri, Pidato Bahasa Arab MTs putra-putri, Pidato Bahasa Inggris MA putra-putri, Hadroh MTs putra-putri, Kaligrafi MTs, MA putra-putri, Madrasah Singer MA putra-putri. Sedangkan cabang olah raga yang dilombakan adalah Tenis Meja Tunggal putra-putri untuk MTs/MA dan Bulu Tangkis Tunggal putra-putri MTs/MA.

Dari hasil perlombaan maka terdapat pemenang dalam ajang tersebut antara lain lomba MTQ Putra MI: Najih Muhammad (MI Raudlotul Ulum Todanan), MTQ Putri MI: Shofatul Muthoharoh (MI Assalam Tambakromo Cepu), MTQ Putra MTs: Ahmad Habib F Latif (MTs. Miftahul Ulum Ngawen), MTQ Putri MTs: Ani Miftahul R (MTs Khozinatul Ulum Blora), MTQ Putra MA: Ahmad Malif Shofa (MAN Blora), MTQ Putri MA: Atika Nur Khusna (MA An Nur Safinatun Najah Tunjungan).

Untuk pemenang lomba Pidato Bahasa Indonesia Putra MI: Ahmad Jawwad Jatmiko (MI Assalam Kemantren Kedungtuban), Pidato Bahasa Indonesia Putri MI: Nabila Bintang N (MI Muhammadiyah Todanan), Pidato Bahasa Arab Putra MTs: Ahmad Bisri Mustofa (MTs Darul Muna Kunduran), Pidato Bahasa Arab Putri MTs: Siti Anisabel Khoiriyah (MTs Khozinatul Ulum Blora), Pidato Bahasa Inggris Putra MA: Syamsudin Azis (MAN Blora), Pidato Bahasa Inggris Putri MA: Putri Linda R (MA Sultan Agung Ngawen).

Cabang lomba Kaligrafi Putra MTs,yakni A. Riski Dwi A (MTs Negeri Blora), Kaligrafi Putri MTs: Sherly Marlina (MTs Negeri Blora), Kaligrafi Putra MA: Mualif Shobari (MA Khozinatul Ulum Blora), Kaligrafi Putri MA: Puji Eka (MAN Blora), Hadroh Putra MTs: Group As – Syifa (MTs. Miftahul Ilmiyah Banjarejo), Hadroh Putri MTs: Group Islamiyah (MTs Islamiyah Gedongsari Banjarejo), Madrasah Singer Putra MA: Aditya Rizki N (MA MA Kartayuda Wado Kedungtuban), Madrasah Singer Putri MA: Sekar W.E. (MAN Blora), Bulutangkis Tunggal Putra MTs: Ahmad Lutfi Hakim (MTs Nurul Huda Bogorejo), Bulutangkis Tunggal Putri MTs: Siti Nur Malikhah (MTs Nurul Huda Bogorejo), Bulutangkis Tunggal Putra MA: Ahmad Sapuhan (MA Miftahul Amal Jiken), Bulutangkis Tunggal Putri MA: Dyah Ayu Nur Afifah (MAN Blora), Tenis Meja Tunggal Putra MTs: Naja Anilbalwa (MTs Khozinatul Ulum Blora), Tenis Meja Tunggal Putri MTs: Nur Afita Andriani (MTs. Al Huda Kunduran), Tenis Meja Tunggal Putra MA: Hafid (MA Kartayuda Wado Kedungtuban) dan Tenis Meja Tunggal Putri MA: Puji Lestari (MA As-Syakur Banjarejo). (Sholikin/Ima/bd).