Kemenag Selenggarakan Sosialisasi PAK kepada 150 Guru

Grobogan – Demi meningkatkan penguasaan serta pemahaman yang mendalam berkaitan dengan Penilaian Angka Kredit (PAK)  guru, serta dalam menunjang kenaikan pangkat para guru. Kantor Kementerian Agama Kabupaten Grobogan menyelenggarakan sosialisasi PAK Jabatan Fungsional Guru, Kamis (28/09) di Aula Kemenag Kab. Grobogan.

Kasubag TU Ali Ichwan yang bertindak sebagai Ketua Panitia mengatakan peserta sejumlah 150 orang dari guru PNS dilingkungan Kemenag Grobogan, dan tujuan diadakan kegiatan Sosialisasi PAK Jabatan Fungsional Guru, untuk memberikan bimbingan teknis kepada guru dalam menyusun usulan penilaian angka kredit, menginventarisir permasalahan-permasalahan atau kesulitan yang dihadapi dalam menyusun angka kredit, mencari solusi terhadap permasalahan atau kesulitan dalam penilaian angka kredit, agar Guru pada Kantor Kementerian Agama bisa melaksanakan Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil.

Ichwan berharap, bila ada permasalahan kedinasan maupun keluarga,segera koordinasikan dengan Kantor Kemenag. Sehingga permasalahan dapat dipecahkan bersama-sama, seperti halnya Inpassing guru maupun uang lauk-pauk.

“Harus dibicarakan bersama-sama, sehingga Kantor Kemenag bisa mengusahakan untuk mengusulkan anggaran yang terhutang untuk dicairkan,” harap Ichwan.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Grobogan Hambali mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada peserta yang telah hadir, serta narasumber dari MAN 2 Kudus Ahmad Rif’an dan Tim Penilai Angka Kredit Guru Provinsi Jawa Tengah Tri Jati.

“Dalam rangka meningkatkan kualitas guru, maka guru dituntut untuk meningkatkan kreativitas, profesionalitas, serta pengabdian dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai seorang guru,” terang Hambali.

Ditambahkan, dalam melaksanakan pekerjaan hendaknya dengan penuh integritas dan bekerja dengan memaksimalkan waktu yang ada, jangan menunda pekerjaan karena kita bekerja dituntut untuk berinovasi atau menghasilkan gagasan baru serta bekerja dengan produktif.

“Bekerja harus teliti, jangan menyepelekan pekerjaan karena itu bekerjalah dengan rasa tanggungjawab yang tinggi, dedikasi kepada pimpinan dan teladan kepada siswa bahkan kepada masyarakat. Jika demikian, maka penilaian dan kredit point pun dengan sendirinya dari atasan akan di dapat,” tambahnya.

Diharapkan setelah acara ini, tim yang tergabung di dalamnya dapat melakukan tugasnya secara rutin sehingga kebutuhan guru terhadap penetapan angka kredit tahunannya dapat terpenuhi setiap tahun. Kenaikan pangkat adalah penghargaan yang diberikan atas prestasi kerja dan pengabdian PNS terhadap Negara. PNS yang menduduki jabatan fungsional dapat dinaikkan pangkatnya setingkat lebih tinggi sekurang-kurangnya telah  2 tahun.

“Manfaatkan kegiatan sosialisasi ini sehingga betul-betul dapat mengimplementasikan dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawab bersama-sama dan profesionalitas  guru meningkat, sehingga  dinilai layak untuk mendapatkan  kenaikan pangkat sesuai tugas dan tanggung jawabnya serta  terwujud guru yang lebih sejahtera,” pungkasnya. (bd/gt)