Kemenag Serahkan kembali Jemaah Sakit kepada Keluarga

Magelang – Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah melalui Kepala Seksi Sistem Informasi Haji Ahmadi menerima jemaah haji sakit atas nama Hj. SRI ROCHAYATI MUCHYAT perempuan (54) asal SOC 59 dari Kota Magelang di salah satu ruang pada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tidar Kota Magelang, Selasa (06/12), paska menjalani perawatan di Rumah Sakit Haji Pondok Gede Jakarta selama empat belas hari.

Disampaikan oleh Ahmadi bahwa usai operasional penyelenggaraan ibadah haji Hj. SRI ROCHYAYI MUCHYAT masih tertinggal di salah satu rumah sakit di Arab Saudi karena alsan kesehatan bersama 5 jemaah lain asal Jawa Tengah. Setelah menjalani perawatan di Arab Saudi, beliau dipulangkan ke Indonesia melalui Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta pada Selasa (22/11) yang lalu.

“Paska operasional penyelenggaraan ibadah haji Sabtu (15/10) lalu, masih terdapat 6 jemaah haji SOC yang masih tertinggal di beberapa rumah sakit Arab Saudi karena sakit, salah satunya adalah Ibu Hj. Sri Rochayati ini, setelah cukup menjalani perawatan disana beliau diterbangkan ke Tanah Air Selasa (22/11) lalu. Karena kondisi kesehatan beliau yang membutuhkan perawatan medis maka langsung di bawa ke RSH. Pondok Gede Jakarta,” urai Ahmadi menuturkan.

Dijelaskan bahwa berdasarkan rekomendasi dokter yang ditunjuk setiap jemaah jika memiliki hak untuk mendapat layanan perawatan kesehatan selama 14 hari dengan pembiayaan penuh oleh pemerintah. “Oleh sebab itu setibanya di RSH. Pondok Gede atas rekomendasi dokter beliau menjalani perawatan kesehatan disana selama 14 hari penuh dan gratis ditanggung oleh pemerintah,” jelasnya.

Setelah 14 hari maka pihak rumah sakit yang ditunjuk akan menyerahkan kepada pihak keluarga, untuk perawatan selanjutnya akan diteruskan di rumah sakit yang ditunjuk atau sesuai keinginan pihak keluarga, sehingga berdasarkan permintaan keluarga Ibu Hj. Sri Rochayati dibawa ke Magelang untuk selanjutnya menjalani perawatan di RSUD. Tidar Kota Magelang.

“Sesuai permintaan pihak keluarga, Ibu Hj. Sri Rochayati untuk selanjutnya akan menjalani perawatan di RSUD. Tidar, hal ini atas pertimbangan akses dan kemudahan pihak keluarga dalam merawat beliau. Untuk itu kami mewakili Kanwil Kemenag Prov. Jateng menyerahkan Ibu Hj. Sri Rochayati kepada pihak keluarga melalui petugas daerah Kota Magelang untuk diterima dan selanjutnya dirawat dengan baik, semoga beliau segera diberikan kesembuhan serta dapat kembali berkumpul dengan keluarga. Amin,” kata Ahmadi. (gt/gt)