Kemenag Surakarta Gelar Bimbingan Manasik Haji Ke-2 Tingkat Kota

Surakarta – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Surakarta menggelar Bimbingan Manasik Haji (BMH) ke-2 diikuti 619 Calon Jamaah Haji (CJH) di Hotel Dana, Jalan Slamet Riyadi, Kota Surakarta, selama 2 hari mulai Senin ini dan berakhir besok Selasa (17-18/7).

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Kota Surakarta, Rosyid Ali Safitri, mengatakan, acara BMH ke-2 di tingkat kota sebagai tindak lanjut dari pelaksanaan bimbingan manasik haji yang sudah dilasanakan selama enam kali di oleh masing-masing kecamatan.

“Kami kerjasama dengan Pemerintah Kota Surakarta melasakanan BMH ke-2 ini agar dapat menyamakan persepsi tentang pelaksanaan ibadah haji yang sudah pernah diajarkan ditingkat kecamatan,” kata Rosyid.

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Surakarta, Muslim Umar, menyampaikan, BMH ini sebagai bentuk komitmen pemerintah dalam melayani tamu Allah. Semoga di Tanah Suci nanti Kota Surakarta menjadi Jamaah dan Petugas Haji yang baik.

“Indonesia ini selalu mendapat kesan Jamaah Haji yang paling santun dari seluruh dunia, maka saya berharap CJH 2017 di sana nanti tetap menjaga nama kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah dan Indonesia,” papar Muslim.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemerintah Kota Surakarta, Siti Anggraini Purwanti, berharap melalui acara ini agar CJH mendalami tata cara manasik haji, agar saat melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci nanti berjalan dengan lancar.

“Haji hanya diwajibkan secara syariat Islam satu kali seumur hidup, maka gunakanlah kesempatan ini sebaik-baiknya dalam melaksanakan ibadah haji dan pulang dengan predikat mabrur,” tandas Anggraini.

Ia juga meminta seluru CJH Kota Surakarta yang mencapai 619 orang ini, agar dapat mendoakan Kota Surakarta di Tanah Suci nanti supaya kondisinya tetap damai dan sejahtera. (rma/wul)