Kemenag Surakarta Serahkan Soal USBN PAI Ke Dinas Pendidikan Kota Surakarta

Surakarta – Kantor Kementerian Agama  Kota Surakarta melalui seksi Pendidikan Agama Dan Keagamaan Islam telah menyerahkan master soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional mata pelajaran Pendidikan Agama Islam ( USBN PAI ) ke Kantor Dinas Pendidikan Kota Surakarta. Master soal USBN PAI diserahkan  oleh Kasi Pendidikan Agama Dan Keagamaan Islam Zarkasi, dan diterima langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Surakarta Ety Retnowati di ruang kerjanya Selasa (26/2).

Dalam kesempatan terpisah di ruang Seksi Pakis Zarkasi menyampaikan informasi terkait pelaksanaan USBN PAI tahun pelajaran 2018/2019.

“Soal USBN PAI dan kisi-kisinya disusun oleh KKG dan MGMP PAI dengan difasilitasi oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah,” ucap Zarkasi.

Pelaksanaan USBN PAI berpedoman pada kisi-kisi USBN tahun pelajaran 2018/2019 diharapkan dapat memberikan pemetaan kompetensi peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di semua jenjang untuk peningkatan kualitas PAI pada sekolah.

“Soal USBN PAI SMA dan SMK diserahkan oleh Kanwil Kemenag Provinsi Jateng kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jateng untuk selanjutnya diserahkan kepada MKKS untuk digandakan,sedangkan soal USBN PAI SMP dan SD diserahkan oleh Kanwil Kemenag Jateng kepada Kantor Kemenag Kabupaten / Kota untuk diserahkan ke Dinas Pendidikan Kabupaten/ Kota,”terang Zarkasi

Adapun untuk pengamanan,penggandaan dan pendistribusian soal USBN PAI diserahkan sepenuhnya kepada Dinas Pendidikan. Untuk memperoleh data awal peta ketuntasan kompetensi peserta didik  mata pelajaran PAI akan diadakan try out secara online pada waktu yang ditentukan. Sesuai surat edaran dari Kanwil Kemenag Jateng jadwal pelaksanaan USBN PAI adalah sebagai berikut:1. USBN PAI SMA dilaksanakan Senin,4 Maret 2019, 2.USBN PAI SMK dilaksanakan Jum'at 29 Maret 2019,

3. USBN PAI SMP dilaksanakan Senin 8 April 2019, 4.USBN PAI SD dilaksanakan Kamis 25 April 2019

Zarkasi menghimbau setelah selesai USBN PAI agar satuan pendidikan melalui guru PAI segera melaporkan hasil USBN PAI paling lambat 10 hari setelah pelaksanaan USBN PAI ke alamat link sebagai berikut:

  • http:/bit.ly/LaporanUSBNPAISMA(untuk Laporan USBN PAI SMA)
  • http:/bit.ly/LaporanUSBNPAISMK(untuk Laporan USBN PAI SMK)
  • http:/bit.ly/LaporanUSBNPAISMP(untuk Laporan USBN PAI SMP)
  • http:/bit.ly/LaporanUSBNPAISD(untuk Laporan USBN PAI SD)

Melalui Pengawas PAI dan Ketua KKG serta Ketua MGMP Zarkasi berpesan untuk mengingatkan guru-guru PAI agar segera menyampaikan laporan hasil USBN PAI secara online. (miyati-rma/bd)