Kemenag Terapkan Elektronisasi Pada Semua Bidang

Karanganyar – Perkembangan teknologi informasi dan komputer yang terjadi saat ini membawa perubahan yang sangat besar dalam proses administrasi perkantoran di Indonesia. Hampir semua bidang yang ada di Kementerian Agama sudah menerapkan elektronisasi, mulai dari presensi, laporan keuangan, lelang, hingga pengadaan barang dan jasa.

Demikian disampaikan oleh Kepala Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar, H. Musta’in Ahmad dalam kegiatan sosialisasi E-Planning yang diadakan di aula kantor lantai 2, (17/07). Kegiatan yang diselenggarakan oleh Subbag TU ini diikuti oleh Kasubbag TU, Kasi/Penyelenggara, Perencana, serta Staf pengelola keuangan pada masing-masing seksi dan madrasah.

“Posisinya begini, zaman ini bergerak makin maju. Mau tidak mau kita harus mengikuti kemajuan informasi/ teknologi. Apabila saat ini masih coba-coba dan belum sempurna, itu adalah sebuah proses. Kita tidak akan berhenti dan bergerak ke belakang, kita harus terus melangkah ke depan dan kita harus siap kalau tidak akan tertinggal. Mau tidak mau kita memang harus berubah”, kata Musta’in

Lebih lanjut Kepala Kemenag juga mengatakan bahwa di banyak bidang semuanya sudah mengarah kepada elektronisasi, digitalisasi. Pada saatnya nanti kita harus semakin siap. Lantas Kepala Kemenag juga mencontohkan bahwa pegawai saat ini gajian tidak menerima uang, tapi hanya menerima angka saja.

“Di pusat honor sudah melalui rekening, besok semua kita juga akan seperti itu. Ini kondisinya, pendek kata saat ini yang tidak berubah adalah perubahan itu sendiri”, tambahnya.

Hal lain yang disampaikan oleh Kepala Kemenag adalah terkait dengan kondisi SDM di Kementerian Agama, khususnya yang ada di Madrasah. Di akhir sambutannya, Kepala Kemenag juga menghimbau agar data yang ada dicermati betul sehingga dapat diceritakan.

“Kondisi yang ada di Kemenag jauh lebih baik dari yang ada di lembaga yang lain, meskipun tidak menutup mata ada kurangnya. Salah satunya adalah SDM. Dimana banyak madrasah Negeri di Karanganyar PNS nya hanya 2-3 saja. Meskipun kurang SDM nya, kita tidak boleh menyerah dengan itu. Kondisi yang mungkin terasa sulit pasti bisa kita lalui dengan bekerja keras”, tegasnya.

Sosialisasi E-Planning yang diselenggarakan Kemenag ini merupakan kelanjutan dari kegiatan Sosialisasi E-Planning yang diikuti oleh perencana pada tanggal 14 Juli 2017 di aula lantai III Kanwil Kemenag Provinsi Jateng. Masing-masing satker mengusulkan anggaran gaji, tunjangan dan kegiatan pada aplikasi E Planning, sehingga perencanaan lebih tepat dan akurat. (ida-hd)