Kemenag Uji Coba Launching Mal Pelayanan Publik Kabupaten Kendal

Kendal – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal menjadi salah satu instansi vertikal yang turut berpartisipasi dalam menyukseskan program pemerintah daerah sebagai upaya meningkatkan pelayanan publik melalui pembangunan Mal Pelayanan Publik (MPP), yang dalam waktu sepekan ini akan mulai melakukan uji coba launching, Senin (24/5).

Rencananya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kendal bakal melaunching Mal Pelayanan Publik di lantai satu Kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Jalan Raya Soekarno- Hatta No 191 Kendal pada 2 Juni mendatang. Sekurangnya ada 26 tenan atau instansi yang bergabung di Mal Pelayanan Publik ini, terkait teknis penempatannya baik instansi vertikal maupun OPD telah dipersiapkan.

Sementara dari Kemenag Kendal nantinya akan membuka layanan baik perijinan maupun non perijinan dari masing-masing seksi, layanan haji dan umrah, layanan bimbingan masyarakat Islam, layanan KUA zakat dan wakaf serta informasi pendidikan keagamaan. Dengan menyiapkan dua orang sebagai petugas pelayanan.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal, H. Mahrus menyampaikan bahwa Pelayanan Terpadu Satu Pintu yang terdapat di Mal Pelayanan Publik adalah cerminan bagaimana Instansi yang ada di Kabupaten Kendal ini bersatu padu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Dengan adanya MPP ini, tentunya dapat memudahkan masyarakat untuk memperoleh pelayanan yang mudah, cepat dan tepat,” ujarnya.

Kehadiran Mal Pelayanan Publik diharapkan dapat memberi kemudahan, kecepatan , keterjangkauan kemanan dan kenyamanan kepada masyarakat dalam mendapatkan pelayanan. Selain itu untuk meningkatkan daya saing global dalam memberikan kemudahan akses. Prinsip yang dianut dalam Mall Pelayanan Publik yaitu keterpaduan, berdayaguna, koordinasi, akuntabilitas, aksebilitas dan kenyamanan. (bel/rf)