Kemenag Wonosobo Berikan Himbauan Untuk KBHI

Wonosobo –  Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wonosobo melakukan penerangan  pada kegiatan pembinaan kelompok ibadah haji se Kabupaten Wonosobo, yang di laksanakan di Kantor KBIH Ummul Quro' kompleks PP Roudlotut Tholibin, Jawar, Mojotengah, Wonosobo, Selasa (06/2) kemarin.

Dalam pembinaan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) se Kab. Wonosobo yang diikuti oleh KBIH Gema Arofah, KBIH Al Manshur, KBIH ArRohmah dan KBIH Ummul Quro' tersebut, Kepala Kantor Kemenag Wonosobo, Muhamad Tobiq MSi menghimbau kepada Kelompok Bimbingan Haji (KBIH), untuk tetap melaksanakan tugasnya sesuai perarturan Perundang – Undangan tentang Ibadah Haji.

Dalam bimbingan tersebut, Kankemenag Wonosobo mengharap  agar kelompok bimbingan tidak melakukan pemungutan biaya bimbingan, lebih dari yang ditetapkan oleh Pemerintah, memotong Living Cost untuk operasional apapun, memungut pembayaran DAM, mencemarkan nama baik bangsa dan negara serta memprovokasi jemaah untuk tdk patuh pd aturan pemerintah Indonesia maupun Arab Saudi.

KanKemenag Wonosobo, yang disampaikan oleh Muhamad Tobiq MSi dalam sambutannya mengatakan bahwa kelompok bimbingan hanya menjalankan tugas nya bukan sebagai penyelenggara. Selain itu, Kankemenag Wonosobo menghimbau KBIH untuk tidak memungut biaya lebih dari ketetapan pemerintah dan juga mencemarkan nama baik atau memprovokasi jemaah, diharapkan bisa mengantisipasi hal yang akan menjadi kendala saat pemberangkatan haji atau selama ibadah haji berlangsung.

“Himbauan tersebut kami sampaikan, guna untuk mengantisipasi pelanggaran terjadi, karena nanti akan berimbas pada diberlakukannya sanksi berupa peringatan tertulis, pembekuan izin dan jg pencabutan izin. Jadi sebelum itu terjadi, maka dari kemenag dirasa penting untuk memberikan himbauan. Dan nantinya untuk KBIH yg melaksanakan bimbingan sesuai ketentuan, juga akan diberi penghargaan oleh Dirjen PHU Kemenag RI,” jelasnya.

Seperti yang sudah di tetapkan, bahwa tugas KBIH selain mentaati peraturan perundang undangan tentang ibadah haji dan melaksanakan Bimbingan Haji, Tugas lain KBIH yakni Minallah, Ilallah, Lillaah, Billah. Dan dalam bimbingan tersebut, Muhammad Thobiq juga menyampaikan materi tentang peran KBIH antara lain KBIH sebagai mitra pemerintahan, KBIH sebagai bagian pembimbing Jemaah Calon Haji tanah air, didalam perjalanan dan dan di Arab Saudi. (PS-WS/rf)