Kemenag Wonosobo Sukses Gelar MTQ Pelajar

Wonosobo – Ribuan peserta Pawai Ta’aruf MTQ Pelajar tingkat Kecamatan Selomerto tumpah ruah padati sepanjang area jalan raya Selomerto lintas Wonosobo-Banjarnegara pada Senin, (14/5) kemarin. Pawai Ta’aruf tersebut merupakan rangkaiaan awal pembukaan MTQ pelajar di tingkat Kecamatan Selomerto, yang di ikuti oleh seluruh madrasah dan sekolah yang berada di wilayah Kecamatan Selomerto. Sebelumnya ketua umum pelaksana MTQ Pelajar tahun 2018, Kodir, menyatakan sudah memprediksi jumlah peserta pasti akan membludak.

Terdapat 57 instansi sekolah yang mengirimkan delegasinya, dari keseluruhan jumlah sekolah tersebut di dominasi oleh Sekolah Dasar dan Madrasah ibtidaiyah yakni sebanyak 38 lembaga sekolah, kemudian 12 lembaga Sekolah Menengah Pertama dan Madrasah Tsanawiyah, dan untuk tingkat SLTA atau MA yakni 6 lembaga sekolah. 

“Jumlah peserta yang tembus sampai ribuan peserta tersebut sebelumnya memang sudah kami prediksi kalau bakal membludak. Karena acuan kami yakni tahun-tahun sebelumnya, dengan melihat antusias peserta, kami yakin bahwa tahun ini bisa lebih banyak lagi pesertanya. Karenanya kami sudah mengantisipasi itu, sehingga tidak sampai menimbulkan kemacetan berkepanjangan,” ungkap Kodir selaku ketua panitia sekaligus Ka. UTD Dikpora Kecamatan Selomerto.

Selanjutnya, turut hadir dalam kegiatan tersebut yakni wakil Bupati Wonosobo, Camat Selomerto, Kepala KUA Selomerto dan Kepala UPTD Dikpora.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Wonosobo, Agus Subagyo, mendapat kesempatan untuk melepas Peserta Pawai ta’aruf sekaligus memberikan motivasi kepada peserta. Seraya menghitung mundur, beliau menyampaikan, “Selamat berta'aruf demi Syi'ar Al-Qur'an dan dengan mengucapkan Bismillahirrohmanirrohim saya lepas Pawai Ta'aruf MTQ Pelajar Kecamatan Selomerto tahun 2018, semoga menjadi generasi yang Qur’ani dan selalu mencintai Al-Qur’an, “ ungkap Agus.

Usai dilakukan pelepasan oleh Wakil Bupati Kabupaten Wonosobo, peserta pawai yang memulai pawainya dari lapangan kecamatan Selomerto tersebut, akan melintas ke jalan raya Wonosobo Banjarnegara, kemudian menuju Jalan Leksono. Selanjutnya menuju ke utara menuju ke Campursari/Setopan dan finish kembali ke lapangan. Kemudian dilanjutkan rangkaian kegiatan lainnya yakni ceremoni pembukaan, penilaian MTQ Pelajar dan berakhir dengan pengumuman kejuaraan di teruskan dengan penyerahan tropi bagi para juara.

Sementara itu, saat ditemui di kesempatan yang sama, kepala KUA Kecamatan Selomerto mengatakan, dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan antusias masyarakat untuk menjadi salah satu pelaku syi’ar Qur’ani akan terbangun.

“Dengan adanya MTQ Pelajar Tingkat Kecamatan Selomerto ini, dari awal sudah banyak menyita perhatian masyarakat, terbukti dengan terlihatnya antusias masyarakat, dan harapannya dengan adanya pawai ini menjadi Syi'ar Qur'ani dan pelopor kegiatan bagi kecamatan lain,” tandasanya. (PS-WS/SUA)