Kemenag Wonosobo Support Penuh Kamtib Hari Raya Idul Fitri 1439H

Wonosobo – Jelang Hari Raya Idul Fitri 1439 H/ 2018 M mendatang, jajaran pemerintah lintas sektoral Kabupaten Wonosobo gelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral, yang di laksanakan di Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Wonosobo, Senin (4/6).

Rakor Lintas Sektoral guna menyambut hari raya Idul Fitri tersebut diikut oleh seluruh sektor pemerintah yang ada di Kabupaten Wonosobo, termasuk melibatkan Muspika Kabupaten Wonosobo, gabungan Pemda dan Polres Wonosobo, tentunya juga Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wonosobo. Hadir membuka acara, Wakil Bupati Kabupaten Wonosobo, Agus Subagyo. Dalam sambutannya beliau mengatakan, sinergitas lintas sektoral sangat dibutuhkan guna melayani masyarakat secara optimal.

“Saya berharap, kita semua yang ada di jajaran sektor pemerintah mampu dan bisa bersinergi untuk layanan masyarakat yang lebih optimal, baik itu dari pelayanan lalu lintas dari Polres, Dishub untuk rekayasanya, jadwal pelaksanaan ibadah salat IED dari Kemenag, Dinas Perdagangan dan yang lainnya,” ungkap Agus.

Menanggapi paparan dari Wakil Bupati Wonosobo tersebut, Kapolres Wonosobo Abdul Waras mengatakan, pihaknya akan mengupayakan menyediakan 5 Pospam dan Posyan demi mewujudkan visinya.

“Untuk persiapan jelang hari raya, kami jajaran Polres Wonosobo mempunyai visi yakni terjaminnya keamanan dam keselamatan semua massa di hari raya. Oleh karena itu, kami telah berupaya menyediakan 5 titik Pospam dan Posyan, yakni di Taman Plaza, Selomerto, Dieng, Pahlawan dan Kertek,” ungkapnya Abdul Waras.

Sementara, di kesempatan yang sama, M Thobiq selaku Kepala Kementerian Agama Kabupaten Wonosobo saat di temui menjelaskan, “Untuk pelaksanaan shalat Ied sendiri, lembaga atau organisasi keagamaan sudah mempersiapkannya masing-masing, yakni seperti tadi pimpinan Muhammadiyah mengatakan, katanya akan meminjam alun-alun kota atau adipura untuk pelaksanaan shalat Ied sekaligus syiar agama. Kemudian untuk pimpinan organisasi Nahdatul Ulama, mereka akan membangun Posko Hari Raya di tiap masjid dan di titik lokasi lainnya guna memberikan tempat istirahat bagi pemudik selama menjelang hari raya dan mudik balik nanti,” ungkapnya.

Pihaknya juga mengungkapkan, dari sinergitas lintas sektoral tersebut semoga bisa menunjang perjalanan pemudik dan memberikan fasilitas yang maksimal kepada masyarakat yang merayakan. (ps-ws/sua)