Kementerian Agama Gagas Gerakan Dolan Ke Masjid

Karanganyar – Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar berencana menggagas gerakan dolan/main ke masjid. Gerakan dolan/main ke masjid merupakan upaya Kementerian Agama dalam mengarahkan anak-anak agar mendapatkan lingkungan yang baik dan kondusif di tengah arus globalisasi dan pergaulan yang dirasa meresahkan.

Sepertinya wacana terkait fullday school yang digagas oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan saat ini, Muhadjir Effendy akan diterapkan setahap demi setahap. Namun demikian, fullday school tentunya tidak dapat diterapkan di semua wilayah.

Untuk daerah yang mana lingkungannya kurang kondusif dalam tumbuh kembang anak, saya rasa fullday school menjadi solusi atas permasalahan tersebut. Tidak demikian dengan daerah pedesaan yang apabila diterapkan fullday school akan menjadi permasalahan baru bagi guru dan muridnya.

Mengatasi kemungkinan perbedaan penerapan fullday school tersebut, kita akan menggagas gerakan dolan ke masjid sebagai upaya agar anak-anak kita mendapatkan lingkungan yang baik dalam proses tumbuh kembangnya.

Demikian disampaikan oleh Kepala Kantor, Musta’in Ahmad saat memberikan pembinaan di hadapan seluruh pegawai Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar, Senin (05/09).

Lebih lanjut Kakankemenag mengatakan bahwa untuk mengaplikasikan gerakan tersebut, terlebih dahulu harus mengkondisikan masjidnya, dalam hal ini adalah takmir-takmirnya. Tidak jarang ada takmir dan para orang tua di masjid yang merasa terganggu apabila ada anak-anak yang ke masjid, hal ini karena merasa terganggu kekhusyukannya atau lain sebagainya.

Nanti di lingkungan masjid kita gagas ada ayunan, ada slorotan, serta ada tempat-tempat bermain lainnya sehingga anak-anak nyaman datang ke masjid. Kalau ada anak-anak datang ke masjid mendapat perlakuan yang tidak menyenangkan, nanti anak-anak kita bisa alergi datang ke masjid. Oleh karenanya ini adalah pekerjaan besar untuk memahamkan takmir-takmir masjid di wilayah kita, tandas Musta’in.

Rencananya kementerian agama akan mensosialisasikan gerakan dolan ke masjid ini kepada penyuluh agama Islam non-PNS yang ada di seantero wilayah Kabupaten Karanganyar terlebih dahulu. Berbarengan dengan hal tersebut, apabila ada agenda pembinaan terhadap takmir masjid, gerakan ini akan terus disosialisasikan sehingga generasi muda mendatang merupakan generasi yang cinta terhadap masjidnya. (hd/gt)