Kementerian Agama Wonogiri Peduli Kekeringan

Wonogiri – Kantor Kementrian Agama Kabupaten Wonogiri memberikan bantuan berupa air sebanyak 50 tangki untuk korban kekeringan di Kabupaten Wonogiri, Senin 15 September 2014. Bantuan itu diberikan untuk wilayah Kecamatan Pracimantoro, Giritontro, Paranggupito.

Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Wonogiri Drs. H. Safrudin, MSI mengatakan aksi sosial tersebut digelar setiap tahun untuk meringankan beban warga yang kekurangan air bersih setiap kemarau tiba dan sebagai sikap solidaritas dan kepekaan sosial kepada masyarakat, sumber dananya berasal dari 2,5% gaji pegawai Kemenag yang disisihkan untuk zakat, untuk tahun ini bantuan air bersih itu dibagikan ke Kecamatan Pracimantoro sebanyak 15 tangki, Giritontro 15 tangki, Paranggupito 20 tangki pendistribusian pembagian air bersih tersebut dilakukan berdasarkan luasan wilayah yang membutuhkan.

Acara penyerahan di lakukan langsung oleh Gara Syariah Kankemenag Wonogiri Fauzi Rohman Jauhari, S.Ag di dampingi kepala KUA setempat dan di terima langsung oleh perangkat desa serta langsung di distribusikan kepada masyarakat.

Selain bantuan air bersih, UPZ Kantor Kemenag Wonogiri juga akan menggelar berbagai aksi sosial untuk  Bantuan insentif Guru WB baik di RA, MI, MTs dan MA, dan juga untuk beasiswa RA/BA, bantuan Madin dan bantuan sertifikasi tanah wakaf. bantuan untuk fakir miskin dan pondok pesantren.

Sesuai pantauan di lokasi penyerahan bantuan air bersih, warga setempat pun antre mengambil air dari truk tangki. Pasalnya, mereka telah mengalami kekurangan air bersih sejak awal kemarau lalu. Sesuai penuturan warga, merekaterpaksa membeli air melalui truk-truk tangki untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Bahkan, sebagian besar dari mereka kini terpaksa menjual ternak kambingnya untuk membeli air.(H. Mursyid dan H. Heri)