Kemeriahan Hiasi Pembukaan MTQ Nasional XXVII di NTB

Mataram – Meriah dan mengagumkan gambaran dari acara pembukaan MTQ Nasional XXVII Tahun 2016 di Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Pada Sabtu malam (30/07) Presiden Joko Widodo, Menteri Agama dan beberapa tamu undangan seperti Gubernur, Bupati/ Walikota dan para Duta Besar negara sahabat berkenan hadir dalam pembukaan acara nasional seni suara baca Al Qur’an.

Perhelatan MTQ Nasional Ke-26 yang kali kedua dilaksanakan di NTB diisi panggung tilawah yang megah dan mengagumkan. Di kedua sisinya terpasang layar besar dan ada berdiri 4 titik lampu sorot yang sesekali menyirami panggung tilawah dengan cahaya beraneka warna. 

Sorotan lampu itu silih berganti menerangi panggung tempat para Qari dan Qariah yang melantunkan ayat-ayat suci Al-Qur’an, beberapa kali permainan kembang api yang membelah langit di atas Masjid Islamic Centre diserta semburan halus air di kedua sisi panggung. Hal itu semakin menambah keindahan, keelokan, kemeriahan acara pembukaan.

Kali ini tidak ada deretan defile kafilah peserta MTQ di halaman pelataran Astaka Utama Masjid Isamic Centre, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang selalu ada defile kafilah MTQ dan membawa atau menampilkan seni dan budaya daerah masing-masing provinsi.

Provinsi NTB benar-benar menjamu para tamu undangan, kafilah peserta MTQ dan seluruh warga yang datang ramai berduyun-duyun memenuhi area sekitar komplek Masjid Islamic Centre dengan mengadirkan beberpa artis ibukota, seperti Bimbo, Vidi Aldiano, Debu, Opick yang diiringi oleh Orkestra Purwacaraka Band. Selain itu, suguhan tarian daerah secara kolosal yang menceritakan tentang sejarah masuknya Islam di NTB. Maka, dapat dilihat usaha NTB ini sungguh luar biasa sehingga menguatkan kemegahan acara dan wibawa dari NTB selaku tuan rumah.

Ada pemandangan menarik sebelum rombongan Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo memasuki tribun utama, seperti biasa Presiden Joko Widodo dengan ramahnya mendatangi dan menyalami para warga masyarakat yang datang. Tentunya hal ini menjadikan keramaian bagi warga yang ingin berjabat tangan dengan Presiden. Hal ini menjadikan Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres) langsung bergerak cepat memasang pagar betis di kerumunan warga masyarakat.

Acara pembukaan MTQ Nasional dimulai pada pukul 20.00 WITA setelah rombongan Presiden Joko Widodo memasuki tribune utama. (wulan/gt)