Kemeriahan Peringatan Hari Kartini

Salatiga — Bertepatan dengan Peringatan Hari Kartini, Jum’at, 21 April 2017 Kantor Kementerian Agama kota Salatiga menyelenggarakan Kartini’s day dengan mengintuksikan seluruh pegawai perempuan mengenakan pakaian kebaya dalam aktivitas kerja dan pagawai Laki-laki memakai pakaian adat.

Hal ini sejalan dengan surat edaran Walikota Salatiga bahwa seluruh pegawai Negeri Sipil Perempuan dihimbau untuk mengenakan pakaian adat Jawa Tengah dalam ragka memperingati Hari Kartini.

Sebagai kegiatan pembuka diawali dengan upacara apel pagi lalu dilanjutkan tasyakuran dan sejumlah perlombaan, diantaranya lomba merangkai hantaran lamaran dan merangkai olahan bahan dari ketela.

Plt. Kepala Kantor Kementerian Agama kota Salatiga, Qomarul Azis menyampaikan apresiasi atas dilaksanakannya peringatan hari Kartini ini, D iharapkanperayaan ini betul-betul dapat dimaknai dengan sebenarnya oleh ibu-ibu sebagai kaum perempuan di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga, yaitu tentang semangat emansipasi yang diwariskan oleh RA. Kartini.

Lebih lanjut Qomarul Azis, berharap peringatan hari kartini tidak sekedar seremonial dan perlombaan saja. Para Perempuan meneladani sikap kartini yang berusaha untuk mandiri dan berbuat sesuatu hal yang bermanfaat untuk masa depan seperti dalam bidang pendidikan. Tetapi juga dimaknai sebagai momentum kebangkitan perempuan untuk setara dengan laki-laki dalam memperoleh hak-hak dasarnya.

“Perempuan bisa meraih prestasi seperti laki-laki. Jadi, mari kita jadikan momentum ini untuk bangkit sekaligus intropeksi,” harap Azis. (KK/gt)