Kepala Kankemenag Kebumen Launching Aplikasi SISMAP

Kebumen-Upaya meningkatkan kualitas pendidikan khususnya pada Madrasah menjadi satu bagian yang harus diperhatikan oleh para pengawas Madrasah. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen, H. Imam Tobroni, S.Ag, M.M saat launching aplikasi SISMAP di aula hotel Candisari, Rabu (16/5).

Ini merupakan inovasi yang dilaksanakan oleh kantor Kemenag Kebumen dalam menerapkan sistem informasi dan supervisi admistrasi manajemen, khususnya bagi para pengawas. Pendidikan online untuk tingkat RA, MI, MTs dan MA dewasa ini sudah mulai berkembang dengan sangat cepat, sehingga hal ini dipandang perlu oleh para pengambil kebijakan terutama di lingkungan pemerintah khususnya Kementerian Agama Kabupaten Kebumen untuk proses pengawasan dengan membuat terobosan baru melalui aplikasi SISMAP tersebut.

Launching ini dihadiri oleh seluruh pengawas Madrasah Kankemenag Kabupaten Kebumen dan juga perwakilan guru Madrasah se-Kabupaten Kebumen, mulai RA, MI, MTs, dan MA.

Menurut Imam Tobroni, melalui program tersebut diharapkan pengawas Madrasah dan kepala Madrasah bisa lebih cepat dan mudah dalam mengakses administrator pembelajaran guru, selain itu juga tersedia model pembelajaran berbasis video.

“Pengawas dan Kepala Madrasah akan dapat lebih cepat mengakses informasi yang berkembang di seputar Madrasah yang ada di Kebumen,” ucapnya.

Sampai dengan evaluasi keadaan Madrasah, ternyata juga ada dalam konten program tersebut. Sehingga sekalipun berada di tempat yang jauh, pelaksanaan supervisi dan pengawasan tetap dapat dilaksanakan.

“Hal ini sekaligus untuk mengatasi problem jumlah pengawas yang terbatas, dan tidak seimbang dengan jumlah guru yang ada,” pungkasnya.(pt/sua)