Kepala Kankemenag Resmikan Masjid Rosid Srumbung

Mungkid – Kepala Kantor Kemenag Kab. Magelang Kudaifah, meresmikan Masjid Rosid, di Kaliurang Kidul, desa Kaliurang kecamatan Srumbung, Senin (11/12/2017).

Hadir dalam kegiatan tersebut Camat Srumbung, Muspika, Kepala KUA Kec. Srumbung, Kepala Desa Kaliurang serta Penyuluh Agama Islam di wilayah Kecamatan Srumbung.

“Kita patut bersyukur dan bangga masyarakat Desa kaliurang telah mampu menyelesaikan pembangunan masjid yang megah. Barang siapa yang mau membangun masjid secara ikhlas dan hanya karena Allah, maka Allah Swt akan membangunkan tempat yang indah di surga dan mengaruniakan rezeki yang melimpah ruah,” lanjutnya.

Kudaifah mengajak masyarakat untuk membudayakan infak dan membelanjakan hartanya di jalan Allah Swt serta memakmurkan masjid.

“Bagi mereka yang kemarin belum mau berinfak karena belum tahu besarnya pahala Allah Swt, marilah mulai sekarang untuk bersama-sama menginfakkan hartanya,” ajak Kudaifah.

“Marilah kita makmurkan masjid dengan senantiasa berjamaah di masjid yang telah kita bangun bersama-sama ini,” lanjutnya.

Masjid Rosid yang dibangun secara swadaya oleh masyarakat Kaliurang Kidul ini diresmikan bertepatan dengan kegiatan Merti Desa. Merti Desa merupakan tradisi warisan luhur yang merupakan perwujudan rasa syukur masyarakat kepada Tuhan Yang Maha Esa atas karunia yang telah diberikan sehingga masyarakat dapat hidup aman, tenteram, dan damai.

Dalam Merti Desa, ungkapan rasa syukur, pengharapan, dan persaudaraan masyarakat dilaksanakan dalam bentuk silaturahmi, guyub, rukun, gotong royong, kebersamaan, keakraban.

“Meski Merti Desa tidak ada dalam tuntunan agama, namun demikian bukanlah penyimpangan dalam agama karena Merti Desa bermakna mewujudkan rasa syukur atas nikmat Allah Swt,” kata Kudaifah. (mh/am/Af)