Kepala Kankemenag Tekankan Pentingnya Pemberitaan di Kemenag

Magelang – Kepala Kantor Kemenag Kab. Magelang Kudaifah, mengingatkan seluruh ASN Kementerian Agama untuk bekerja keras seiring dinamisnya gerak dan langkah Kementerian Agama. Menurut Kudaifah, selesainya sebuah tugas dengan sukses adalah kebahagiaan bagi para ASN.

Hal tersebut disampaikan saat memberikan pengarahan pada Rapat Kerja Kehumasan Jajaran Kantor Kemenag Kab. Magelang di Gedung Serba Guna KPRI Kokarda, Komplek Kantor Kemenag Kab. Magelang, Kamis (23/02).

Rapat kerja Kehumasan diikuti oleh 50 peserta terdiri dari Kasi, Penyelenggara, Kepala Madrasah (MAN, MTsN, dan MIN), Kepala KUA Kecamatan, Pengawas Pendidikan Islam, Ketua Pokjaluh, dan staf Pengelola Kehumasan.

“Dinamisnya Kementerian Agama yang di-break down di tingkat wilayah berupa rotasi, promosi, dan kebijakan harus diikuti dengan perubahan mindset para ASN Kementerian Agama,”  katanya.

Terkait dengan kehumasan, Kudaifah menyampaikan penekanan Kepala Kanwil Kemenag Prov. Jateng untuk menggiatkan kontribusi pemberitaan pada setiap kegiatan di lingkungan Kantor Kementerian Agama sesuai Surat Edaran yang sudah disampaikan.

“Kita bisa dan mampu, tapi kadang karena motivasi yang kurang maka kita tidak pernah bisa mewujudkannya,” lanjutnya.

Kudaifah menekankan agar para peserta rapat sesuai dengan kapasitasnya dapat melaporkan kegiatan yang dilakukan melalui pemberitaan.

“Tidak ada laporan, maka tidak ada tugas yang dikerjakan. Kegiatan-kegiatan wajib dilaporkan agar secara konkrit dapat dibedakan mana yang betul-betul bekerja dan mana yang tidak,” katanya.

Kudaifah mengharapkan hasil dari rapat dapat ditindaklanjuti dengan mewujudkan pelaporan kegiatan melalui pemberitaan yang ideal sesuai lingkup kerjanya.

“Banyak sekali kegiatan yang bisa diekspose menjadi sebuah berita, dan ini menjadi prioritas kinerja bagi kita semua,” tandasnya.

Dalam kesempatan yang sama PIC Berita Kantor Kemenag Kab. Magelang Ahmad Maskuri, menyampaikan hal-hal teknis terkait dengan kontribusi berita.

“Secara umum Bapak/Ibu kita hadirkan untuk memberikan motivasi, arahan, dan semangat dalam memberitakan kegiatan-kegiatan yang ada.  Sesuatu yang sederhana, tetapi kita lihat dengan sudut pandang yang berbeda maka akan bermanfaat untuk orang lain.” katanya.

“Beritakan… beritakan… beritakan.. agar apa yang menjadi kinerja kita dapat diketahui oleh masyarakat sebagai upaya meningkatkan pelayanan,” lanjutnya.

Ahmad Maskuri menjelaskan agar target pemberitaan dapat terpenuhi, diperlukan kesungguhan dan motivasi yang besar dengan memanfaatkan perangkat teknologi informasi seperti email, WhatsApp, dan media sosial lainnya. (ysf/m45k/Af)