Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Boyolali, H. Hanif Hanani mengikuti Pekan Kerukunan Internasional dan Konferensi Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) ke-VI se-Indonesia tahun 2021 yang digelar di Minahasa Utara

Kepala Kantor Kemenag Kab. Boyolali Hadiri Pekan Kerukunan Internasional dan Konferensi Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) ke-VI

Minahasa Utara  –  Pekan Kerukunan Internasional dan Konferensi Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) ke-VI se-Indonesia tahun 2021 digelar di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) 17-22 November 2021, Kepala Kantor Kemenag kab. Boyolali , Hanif Hanani berkesempatan hadir sebagai peserta bersama Kepala Kanwil Kemenag dan Kepala Kantor Kemenang Kab/Kota se Indonesia  serta pengurus FKUB se Indonesia. Acara tersebut dipusatkan di hotel Sutan Raja, Kabupaten Minahasa Utara Provinsi Sulawesi Utara, dalam event tersebut Pemerintah provinsi Sulawesi Utara mengangkat tagline “Torang Samua Ciptaan Tuhan”.

Kepada Pranata Humas Kantor Kemenag Kab. Boyolali, Hanif Hanani mengatakan, bahwa Pekan Kerukunan Internasionl merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan bersamaan dengan Konferensi FKUB se- Indonesia. Secara garis besar kegiatan berjalan dengan lancar dan sukses.  Narasumber yang hadir antara lain H. Lukman Hakim Saefudin , Menteri Agama RI periode 2014-2019. 

“Kegiatan Pekan Kerukunan Internasional dan Konferensi FKUB ke- VI tahun 2021 ini sangat bermanfaat bagi keberlangsungan kerukunan umat beragama di Indonesia, karena hampir seluruh pengurus FKUB Kabupaten dan provinsi se- Indonesia hadir dalam acara tersebut dan mereka bisa berdialog dan berinteraksi secara langsung serta saling kenal mengenal dan memahami adat istiadat dan budaya dari masing masing,” kata Hanif.

Wakil Presiden RI KH. Prof. DR (HC) Ma’ruf Amin, berkenan hadir dan membuka acara secara resmi kegiatan Pekan Kerukunan Internasional dan Konferensi Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) ke-VI se-Indonesia tahun 2021 pada Jum’at (19/11), dalam sambutannya Wapres menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap Asosiasi  FKUB se- Indonesia dan terutama  FKUB Sulawesi Utara, yang telah menyiapkan dan menyelenggarakan acara ini dengan baik dan lancar.

Selanjutnya Wapres juga menyampaikan bahwa FKUB telah  memberikan inspirasi bagi kerukunan umat beragama di Indonesia bahkan bagi umat beragama di seluruh dunia. Tugas FKUB adalah mencegah munculnya konflik kerukunan umat beragama dan  mencari jalan tengah serta titik temu agar kehidupan beragama tetap  berjalan dengan baik dan harmonis.

“Pancasila adalah titik temu, ikatan dan kesepakatan seluruh bangsa Indonesia, sikap toleransi harus tetap di pelihara dan diwariskan kepada generasi milenial demi keberlangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara,” tegas Wapres.

Pekan Kerukunan Internasional dan Konferensi Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) ke-VI ini akan ditutup pada hari Senin 22 November 2021. Sebelumnya Hanif berkesempatan mengunjungi Gedung DPRD Propinsi Sulawesi Utara dan mengikuti jamuan makan pagi yang disiapkan oleh sekretaris dewan DPRD Propinsi Sulawesi Utara ibu Glady NL Kowatu, Hanif juga berkesempatan melihat semua ruangan anggota dewan serta ruang rapat paripurna dewan. (HH/Zoelva/Jaim)