Kepala Kemenag Blora Buka KSM Tingkat Kabupaten

Blora – Kepala Kankemenag Blora, H. Nuril Anwar  buka Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat kabupaten Blora yang  digelar di kampus MAN Blora, pada Sabtu (12/05). Hadir dalam pembukaan tersebut antara lain Kepala Kemenag,Kasubbag TU beserta jajarannya, Kepala Madrasah, Komite Madrasah, Guru Pendamping dan peserta KSM.

Kepala MAN Blora, Amiruddin Aziz selaku ketua panitia dalam laporannya mengatakan, bahwa lomba tersebut diikuti sebanyak 638 siswa madrasah yang terdiri dari 253 siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI), 262 siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan 123 siswa Madrasah Aliyah (MA).

Dalam laporannya, Kepala MAN Blora sebagai ketua panitia KSM tingkat Kabupaten Blora, Amiruddin Azis menyampaikan bahwa tujuan diselenggarakannya kegiatan KSM adalah untuk menyediakan wahana bagi siswa madrasah untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang sains sehingga bisa menumbuhkan dan mencintai sains, meotivasi siswa madrasah agar selalu meningkatkan kemampuan intelektua, emosional, dan spiritual berdasarkan nilai nilai agama, menumbukembangkan budaya kompetitif yang sehat di kalangan siswa madrasah, dan memberikan kesempatan yang sama bagi siswa madrasah dalam belajar, berkreatifitas dan berprestasi.

Adapun beberapa cabang yang dilombakan antara lain untuk tingkat MI diikuti 253 siswa dalam  lomba Matematika berintegritas yang diikuti 126 siswa, sains berintegritas yang diikuti 127 siswa, tingkat MTs terdiri 262 siswa yang mengikuti lomba matematika berintegritas sebanyak 88 siswa, IPA terpadu berintegritas yang diikuti 88 siswa dan IS terintegritas yang diikuti oleh 86 siswa, dan tinkat MA terdiri lomba matematika berintegritas (25 siswa), biologi berintegritas (18 siswa), Fisika tertintegritas (18 siswa), kimia terintegritas (19 siswa). Ekonomi terintegritas (21 siswa) dan geografi terintegritas (22 siswa).

Amir juga menandaskan bahwa peserta tingkat MI adalah kelas 4 dan 5, MTS kelas 7 dan 8 dan Madrasah Aliyah kelas 10 dan 11 dengan masing masing mata pelajaran diikuti oleh 2 peserta dan diikuti oleh semua madrasah negeri dan swasta yang mengikuti lomba seluruh bidang studi yang telah dirangkai dengan soal pelajaran Agama Islam.

Sementara itu Kepala Kemenag Blora H. Nuril Anwar dalam arahannya mengatakan, ada 3 hal yang didapatkan siswa madrasah, diantaranya, pendidikan akidah, ilmu pengetahuan, serta pendidikan seni dan keterampilan.

Untuk itu, pihaknya berharap dalam berkompetisi siswa madrasah hendaknya untuk selalu menjaga kejujuran, sportifitas, dan percaya dengan kemampuan sendiri, dan diakhir sambutannya ia mengatakan, bahwa madrasah merupakan benteng moral generasi bangsa dan melalui kompetisi dapat melatih siswa unntuk berjiwa sportif dan bermental juara.

“kami mengucapkan selamat berlomba untuk menjadi yang terbaik dan pemenangnya akan kita kirim pada tingkat propinsi dan syukur bisa melaju ke tingkat nasional”paparnya serius. (umi/ima/bd)