Kepala Kemenag Kab. Temanggung Terima Mahasiswa PPL IAIN Salatiga

Temanggung – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung H Ahmad Muhdzir didampingi Kasubbag TU H. Agus Latif dan Kasi Bimas Islam, H. Munsiri  secara resmi menerima penyerahan enam mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) IAIN Salatiga. Mereka adalah Ayub, Umi ALifatussoimam, Taufiq Serif Hidayat, Zusfi Nurunnisa, Titik Nurfarida, dan Khumaero, Senin (30/8), bertempat di ruang Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung.

Mewakili IAIN Salatiga  penyerahan mahasiswa diserahkan oleh Dosen Pembimbing Lapangan, Nur Khamid. Dosen Pembimbing Lapangan, Nur Khamid menjelaskan bahwa, selama pandemi ini penempatan mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) IAIN Salatiga disesuaikan dengan domisili mahasiswa masing-masing.

“Untuk itu, kami sangat berterimakasih kepada keluarga besar Kantor Kementerian Agama, yang telah berkenan menerima mahasiswa kami dengan baik. Dan kami sangat berharap kerjasama ini bisa berlanjut dan berkesinambungan kedepannya,” ujarnya.

Sementara dalam penerimaannya, Kepala Kantor menyampaikan rasa terimakasih kepada pihak IAIN Salatiga yang telah mempercayakan mahasiswanya untuk melakukan Praktik Pengalaman Lapangan di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, tepatnya di KUA Kecamatan Temanggung, KUA Kecamatan Kandangan, dan KUA Kecamatan Kaloran.

“Tentu amanah ini adalah sebuah kebanggaan tersendiri bagi kami terlepas masih adanya kekurangan maupun kelebihan yang kami miliki,” ujarnya.

Ahmad Muhdzir juga menyampaikan permohonan maaf kepada mahasiswa dan rombongan, karena baru sekarang bisa menerima mahasiswa magang. Dijelaskan, sebagaimana surat Dekan Fakultas Syariah IAIN Salatiga dan rekomendasi yang diberikan Kepala Kantor Kemenag, seharusnya penerimaan mahasiswa magang yaitu tanggal 08 Juli 2021. Namun dengan adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) awal bulan Juli, penerimaan mahasiswa PPL menjadi tertunda sementara.

Kepala Kantor mengucapkan selamat datang dan selamat bergabung dengan keluarga besar Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung kepada para mahasiswa. Beliau sangat berharap agar mereka bisa mentransfer dan mengaplikasikan ilmunya untuk kemajuan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung kedepannya. “Intinya kami sangat terbuka, kami berikan ruang dan waktu secukupnya untuk saling berbagi informasi dan pengalaman  demi kemajuan bersama,” tandasnya.

Lebih jauh dia berpesan kepada para mahasiswa agar bisa lebih disiplin, kreatif dan inovatif. Dia juga meminta agar para mahasiswa bisa menjaga nama baik almamater IAIN Salatiga maupun Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung. Dan untuk keamanan bersama, kepada para mahasiswa beliau berpesan agar selalu mematuhi protokol kesehatan 5M + 1D selama magang dan menjalankan tugas di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung.(sr/bd)