Kepala Kemenag Karanganyar Tutup Kegiatan Itikaf dan Sema’an Al Qur’an di Masjid Agung

Karanganyar – Pukul 03.00 WIB dini hari, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar, H. Musta’in Ahmad secara resmi menutup kegiatan itikaf dan sema’an Al Qur’an di Masjid Agung Karanganyar, (14/06). Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka menghidupkan 10 malam terakhir di bulan suci Ramadhan ini sukses mengkhatamkan tiga kali Al Qur’an yang dibacakan oleh para penghafal Al Qur’an.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Kemenag mengucapkan terimakasih kepada panitia dan peserta itikaf yang sudah mensukseskan kegiatan itu dari awal pelaksanaan hingga akhir pada tanggal 29 Ramadhan 1439H.

“Saya ucapkan terimakasih kepada panitia dan peserta itikaf dan semaan Al Qur’an yang sudah mensukseskan kegiatan ini. Itikaf ini adalah salah satu program Pemerintah, Karanganyar Bertaqwa dalam rangka mengisi Bulan Suci Ramadhan,” kata Musta’in.

Tidak kurang dari seratus lima puluh an peserta laki-laki dan perempuan mengikuti i’tikaf dan semaan Al Quran di Masjid Agung Karanganyar. Jumlah itu bisa meningkat dua kali lipat pada malam-malam ganjil, dimana umat muslim mengharapkan mendapat malam lailatul Qadar.

Kementerian Agama sebagai pioner dalam kegiatan ramadhan di Kabupaten Karanganyar tidak lepas dalam menyukseskan kegiatan ini. Ada dua tim yang berjumlah 75 pegawai ditugaskan oleh Kepala Kemenag untuk mengikuti i’tikaf dan sema’an Al Qur’an di Masjid Agung Karanganyar. Begitu pun dengan para pejabatnya, mulai dari Kakankemenag, Kasubbag TU, Kasi/Penyelenggara dan Kepala KUA mengikuti itikaf.

“Masih ada lagi kegiatan yang diselenggarakan Pemerintah dalam mengisi bulan suci Ramadhan ini. Nanti siang selepas dzuhur hingga finalnya malam hari akan ada lomba Rampak Bedug dari 17 Kecamatan, sore nanti kami akan mengadakan rukyatul hilal di bukit sukuh, dilanjutkan dengan takbiran di masjid agung, dan kegiatan pamungkasnya adalah pelaksanaan Shala Idul Fitri 1439H di alun-alun Kabupaten Karanganyar. Kami harap bapak ibu hadir untuk mengikuti kegiatan tersebut,” jelas Musta’in.

Kegiatan Itikaf dan Sema’an Al Qur’an sudah berjalan setiap tahunnya pada 10 malam terakhir di bulan suci Ramadhan. Salah satu tujuan diadakannya sema’an Al Qur’an adalah untuk memfasilitasi dan mendukung para penghafal Al Qur’an menjaga hafalannya serta memberi apresiasi bagi orang berprestasi dalam menghafal Al Qur’an. (ida-hd/Wul)