Kepala Kemenag Pimpin Doa Ziarah di Makam Leluhur Karanganyar

Karanganyar – Menjelang Hari Jadi Kabupaten Karanganyar yang ke 101, Bupati Karanganyar bersama unsur Forkompimda melakukan ziarah ke sejumlah makam para pendiri Bumi Intanpari, sebutan Karanganyar, (02/11). Dalam kesempatan tersebut, Kepala Kankemenag Kabupaten Karanganyar Ahmad Nasirin memimpin tahlil dan doa saat berziarah ke beberapa lokasi makam.

Ziarah diawali ke makam Nyi Ageng Karang yang berada di Kelurahan Tegalgede, Karanganyar Kota, dilanjutkan ke pemakaman Randu Songo yang berada di Desa Suruh, Kecamatan Tasikmadu. Di lokasi ini, dimakamkan Ronggo Panambang I, yang merupakan pendamping Raden Mas Said (Pangeran Sambernyowo) saat berjuang melawan penjajah.

Bupati bersama sejumlah pejabat di lingkungan OPD, Kapolres, Dandim 0727, dan Kepala Kemenag, melanjutkan berziarah ke Astono Temu Ireng. Di lokasi ini, dimakamkan Bupati Pertama Karanganyar, Harja Asmaran atau biasa disebut Kyai Atas Angin. Makam tersebut merupakan cikal bakal berdirinya Kabupaten Karanganyar, serta zirah ke makam Raden Mas Said atau yang lebih dikenal dengan sebutan Pangeran Samber Nyawa dan makam Presiden RI ke-2 H.M. Soeharto.

Ziarah ke makam para leluhur ini merupakan agenda rutin sebagai wujud penghormatan terhadap para pendiri Karanganyar. Spirit perjuangan para pendiri Karanganyar harus teruskan. Karanganyar lahir pada 18 November 1917.” kata bupati Karanganyar, Juliyatmono, saat ditemui sejumlah wartawan.

Ditemui di tempat terpisah, Kepala Kemenag Karanganyar mengutip pernyataan Bupati tentang konsep tri darma perjuangan RM Said yang telah menjadi spirit bagi segenap bangsa Indonesia dalam berkarya hingga hari ini.

“Rumangsa handarbeni, wajib melu hangrungkebi dan mulat sarira hangrasa wani. Tri darma dari Raden Mas Said itulah spirit dari bangsa ini. Semoga melalui peringatan hari jadi Karanganyar ini, segenap warga bisa terus melanjutkan cita-cita dari pendiri Karanganyar,” kata Nasirin.

Selepas ziarah, kegiatan Bupati Karanganyar dan Forkompimda dilanjutkan dengan Shalat Jum’at keliling (Jumling) di Kecamatan Karangpandan yang sudah menjadi agenda rutin Pemkab Karanganyar dalam menyapa dan membina masyarakat. (ida-hd/bd).