Kepala Madrasah Lepas Peserta Gowes Bareng Satlantas Polres Tegal

Tegal (Slawi)-Dalam rangka mensukseskan program TSM (Transportasi Sehat Merakyat), Satlantas Polres Tegal bekerjasama dengan MTs Negeri 2 Tegal menggelar kegiatan Gowes Bareng, Sabtu (24/11).

Kegiatan ini diikuti oleh 1.302 peserta didik beserta 102 guru/pegawai, serta beberapa anggota polisi yang ikut bertugas mendampingi acara.

Dalam sambutannya, Kepala MTs Negeri 2 Tegal Muh. Muntoyo mengatakan bahwa sepeda merupakan bentuk kendaraan yang aman serta ramah lingkungan.

“Yang hadir pada saat ini kurang lebih ada 1.400 orang. Ini menandakan bahwa bersepeda adalah bentuk transportasi yang aman dan tidak menimbulkan polusi,” kata Muh. Muntoyo.

Menurutnya, peserta didik setingkat madrasah tsanawiyah (MTs), secara administrasi dan secara hukum belum diperbolehkan mengendarai kendaraan bermotor. Sebabnya, mereka belum masuk kategori usia 17 tahun yang diwajibkan sebagai salah satu syarat memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) dari kepolisian.

“Kegiatan ini pula menandakan bahwa seusia kalian, belum 17 tahun, masih belum boleh memakai kendaraan bermotor, kalau dibonceng boleh,” tambahnya.

Muntoyo juga berbagi, pengalaman dengan salah satu anaknya yang saat itu usianya masih dibawah 17 tahun yang tetap menggunakan sepeda hingga lulus kelas XII SMA.

“Contohnya, anak saya sendiri sampai kelas 3 SMA (kelas XII) pakainya sepeda, bahkan sebelumnya saya telah menawari kepadanya untuk membawa sepeda motor. Mas ndak pakai motor?. Apa jawab anak saya?. Bapak gimana sih, kan saya baru 16 tahun, kan belum punya SIM,” ungkapnya.

Beliau menghimbau kepada seluruh peserta didik, agar tetap menaati peraturan lalu lintas ketika berkendara, sehingga tidak membahayakan bagi diri sendiri maupun pengguna jalan lainnya.

“Makanya, saat ini kalian mulai harus mengerti dan taat aturan lalu lintas yang telah disosialisasikan oleh Polres Tegal, khususnya Satlantas,” harapnya.

Berikutnya, secara simbolis kepala madrasah melepas peserta gowes bareng dengan mengayunkan bendera start tepat di depan gerbang madrasah, dan selanjutnya seluruh peserta melaksanakan gowes bareng dengan rute yang telah ditentukan pihak Satlantas Polres Tegal. (akb/rf)