Kepala Madrasah Melantik Pengurus Gerakan Pramuka Masa Bhakti 2018/2019

Tegal – Pelantikan Pengurus Dewan Ambalan Kalimasada Pangkalan MAN 2 Tegal Masa Bhakti 2018/2019 digelar pada Sabtu (10/11) yang bertepatan dengan Peringatan Hari Pahlawan, dan dilantik langsung oleh Kepala Madrasah yang juga merupakan Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Kamabigus) Gerakan Pramuka Gugus Depan Tegal 15.1769-15.1770 Pangkalan MA Negeri 2 Tegal.

Dewan Ambalan yang dilantik diwakili oleh pengurus harian yang terdiri dari Ketua Sangga Utama (Pradana) Putra/Putri, Kerani atau Sekretaris Putra/Putri, Bendahara Putra/Putri dan Pemangku Adat Putra/Putri. Pengurus harian yang dilantik merupakan hasil dari musyawarah ambalan yang dilaksanakan pada Jum’at, 2 November yang lalu.

Sebelum prosesi pelantikan, A. M. Alwi menyampaikan, “Dewan Ambalan adalah suatu wadah pengorganisasian kegiatan Pramuka Penegak di gugus depan yang mengatur aktifitas kegiatan dan kehidupan sehari-hari di Ambalan”, terangnya.

Alwi juga menambahkan, “Dewan Ambalan hakikatnya adalah Pengurus Satuan Penegak yang dengan sukarela dan aktif dalam kegiatan kepramukaan di Ambalan. Untuk itu seyogyanya adik-adik dalam berkegiatan harus sesuai dengan kode etik Pramuka Indonesia  yaitu Trisatya dan Dasadarma”, tambahnya.

Ditemui setelah upacara pelantikan (10/11), Ketua Gugus Depan Gerakan Pramuka MAN 2 Tegal Dwi Heru Irmawan menuturkan, “Pelantikan dewan ambalan merupakan program kerja tahunan kegiatan ekstrakurikuler Pramuka. Saya juga merasa senang karena adik-adik dewan ambalan dilantik dan dikukuhkan langsung oleh Kepala Madrasah atau Kamabigus Gerakan Pramuka MAN 2 Tegal, apalagi bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan”, tuturnya.

Heru berharap, “Semoga adik-adik yang baru dilantik bisa melanjutkan tongkat estafet kepeimpinan pengurus dewan ambalan yang lama. Saya juga berharap, semoga pengurus dewan ambalan yang baru dapat melaksanakan tugas dan kewajiban sebagai Pengurus Dewan Ambalan Kalimasada dengan tulus, ikhlas dan melaksanakan isi yang terkandung pada Satya Darma Pramuka serta dapat memajukan Gerakan Pramuka di Pangkalan MAN 2 Tegal”, pungkasnya. (dhi/rf)