Kepala MAN Batang H.A.M. Alwi Terapkan Terapi Hipnomotivasi Pada Peserta KSN Madrasahnya

Batang – Sebagai bagian persiapan menghadapi Kompetisi Sains Nasional Tingkat Kabupaten Batang (KSN-K) Tahun 2021, awal Juni ini, MAN Batang melakukan terapi  hipnomotivasi pada 19 Siswanya yang dipimpin langsung oleh Kepalanya, H.A.M. Alwi, M.Pd. Kegiatan ini digelar untuk merelaksasi dan memotivasi para siswa agar mampu mengeluarkan potensi terbaiknya saat kompetisi dilaksanakan. Kegiatan ini dilakukan di ruang multimedia MAN Batang pada Rabu (2/6) mulai pukul 12.30 WIB -14.30 WIB.

Kepala MAN Batang H.A.M. Alwi, dalam keterangannya mengatakan bahwa semua siswa yang disiapkan beberapa bulan ini telah diberi materi yang begitu banyak oleh para pembinanya, tentu mereka akan merasakan beban yang sangat berat, untuk itu menurutnya perlu ada terapi khusus untuk meringankan beban pikiran mereka agar lebih fresh, tenang dan menenangkan pikirannya.

“Selama ini mereka (siswa) sudah melaksanakan program bimbingan dan pelatihan dari masing-masing pembimbing mata pelajaran, sehingga kemungkinan besar mereka merasakan beban dan tekanan yang berat, oleh karena itu mereka butuh merefresh pikirannya,” ujar H.A.M. Alwi.

Dia juga mengungkapkan bahwa kegiatan hipnomotivasi ini baru pertama kali dilakukan di MAN Batang. Bahkan, mungkin yang pertama kali di Kabupaten Batang. Tujuannya untuk merelaksasikan pikiran siswa. Harapannya siswa mampu melepaskan beban yang selama ini dirasakan sehingga pikiran mereka kembali segar dan mampu mememberikan yang terbaik.

Di tempat terpisah Zinati Jumah Waka Kurikulum MAN Batang mengatakan bahwa hipnomotivasi adalah inovasi dari Bapak kepala madrasah dalam upaya menumbuhkan dan meningkatkan semangat siswa yang mewakili MAN Batang dalam Kompetisi Sains Nasional tahun ini.

“ Dengan persiapan yang matang melalui pembimbingan, pelatihan, dan relaksasi hipnomotivasi yang membuat pikiran kembali segar, serta tambahan motivasi diri, kami yakin siswa kami mampu menghadapi KSN tahun ini dengan percaya diri,” ucapnya

Sementara itu, Dienita Alya Rahma, salah satu wakil dari MAN Batang dalam KSN tahun ini merasakan manfaat dari hipnomotivasi yang diselenggarakan oleh pihak madrasah. Ia merasa ada beban dan perasaan canggung takut tidak dapat memberikan yang terbaik untuk madrasah. Namun setelah adanya hipnomotivasi ini, pikirannya mulai terbuka dan segar.

“ Alhamdulillah, setelah sadar terbangun dari hipnomotivasi, saya merasa pikiran saya tenang dan fresh, serta ada semangat lebih untuk membawa nama baik madrasah,” katanya.

Hipnomotivasi yang dilakukan oleh Kepala MAN itu adalah memberikan motivasi dengan teknik menghipnotis para siswa melalui narasi-narasi yang disampaiakan disertai dengan alunan musik relaksasi, kemudian mereka tertidur/terhipnotis, saat itulah Kepala MAN memberikan motivasi kepada para siswa saat tertidur. (fahmi/Zy)