Kepala MAN Batang Serahkan Penghargaan Pada Siswa Berprestasi

* Kepala MAN Batang H.A.M. Alwi menyerahkan medali dan piagam penghargaan pada para siswa yang berprestasi

Batang – Dalam rangka memberikan motivasi dan perhatian Madrasah pada siswa-siswa yang berprestasi, MAN Batang dengan bangga memberikan penghargaan berupa piagam dan medali, serta uang pembinaan sesuai dengan tingkat juara yang diraihnya. Upacara penyerahan penghargaan tersebut dilaksanakan di salah satu ruangan di  MAN Batang pada Selasa, (21/09) yang lalu. Hadir dalam acara itu kepala MAN, kepala TU, Pembina olimpiade,beberapa guru serta para siswa yang berprestasi.

Kepala MAN Batang H.A.M.Alwi, dalam sambutannya menyampaikan bahwa siswa-siswa kita sudah memiliki bekal pengetahuan lomba yang cukup bagus, hanya perlu lebih serius dan diberi berbagai ilmu tambahan oleh para pembimbing agar mereka dapat lebih matang lagi.

” Siswa kita sudah memiliki bekal pengetahuan lomba yang sudah cukup bagus. Oleh karena itu, guru pembimbing, pembina, juga waka terkait harus benar – benar cerdas dan cermat membimbing mereka,” kata H.A.M. Alwi.

Waka MAN Batang Bidang Humas, Sobirin dalam keteranganya mengatakan bahwa sering kita mendengar kata – kata bijak Jangan tanyakan apa yang bisa negara berikan kepadamu, tapi tanyakanlah apa yang bisa kamu berikan kepada negaramu. Kata – kata bijak itu menurutnya bisa diaplikasikan ke dalam madrasahnya,

“Kita sebagai insan madrasah selayaknya Jangan tanyakan apa yang bisa madrasah berikan kepadamu, tapi tanyakanlah, apa yang bisa kamu berikan kepada madrasahmu. Itu yang menjadi konsen MAN Batang. Perhatian guru dan stokeholder MAN Batang masih tertuju pada siswa- siswi MAN Batang yang banyak menuai prestasi akademik pada masa pandemi yang sudah dua tahun lebih melanda Indonesia, bahkan dunia,”ungkapnya.

* Kepala MAN Batang H.A.M. Alwi berpose bersama para siswa berprestasi

Dia juga menyatakan bahwa MAN Batang pda dua tahun terakhir ini ada puluhan prestasi akademis yang diraih oleh para siswa meskipun masih pada masa pandemi. Menurutnya, belajar di rumah, tidak menyurutkan aktivitas belajar mereka. Adanya kompetisi-kompetisi yang diselenggarakan oleh lembaga di luar Kemenag dan Kemendikbud menjadi pemicu bagi para siswa untuk turut berkompetisi dengan sekolah dan madrasah lain di Indonesia.

“Beberapa medali emas, puluhan medali perak, dan belasan medali perunggu bisa diraih dengan gemilang oleh siswa MAN Batang, bahkan yang terkini, periode Agustus dan September awal, meraih juara 1 emas untuk mapel Bahasa Inggris (even National English Series Olympic 2021) atas nama Hilda Riska Mahdani, dan 3 medali perunggu masing – masing untuk even (National Science Competition, dan Posi Science Competition),atas nama Puput Putri Lestari mapel kimia ,Laila Nurul Latifah, mapel fisika, dan Eka Oktaviana Wardani, matematika,” ungkapnya dengan semangat.

Salah satu Pembina olimpiade MAN Batang Endon Nurcahyati, merasa bangga, meskipun perolehan medali emas belum sebanyak perak dan perunggu.

”Meskipun medali emas belum begitu banyak kita raih, tapi saya optimis, suatu saat anak- anak bisa mempersembahkannya untuk madrasah. Masih banyak even serupa yang bisa dijadikan ladang untuk menggali prestasi,” ujarnya di sela- sela kesibukannya mengatur jadwal bimbingan untuk anak.

Waka Bidang Kurikulum Zinati Jumah menegaskan untuk menghadapi even lomba, para siswa untuk dipicu agar mereka siap dengan kemungkinan soal yang akan dihadapinya.

“ Para siswa harus terus dipacu agar aktif mengikuti even lomba apa pun agar kepekaan mereka terhadap soal – soal olimpiade terasa,” tegas Zinati Jumah, seusai upacara penyerahan piagam dan medali. (Shobirin/Zy )