Kepala MIN 2 Banyumas : Kuatkan Karakter Siswa Melalui Pramuka

BANYUMAS – Pada saat ini banyak kaum muda tidak dapat melanjutkan pendidikannya karena berbagai alasan. Sementara itu sebagai akibat dari kurangnya kegiatan pembinaan serta terbatasnya jumlah dan ragam wadah penyaluran minat dan bakat kaum muda, menyebabkan kaum muda terjerumus dalam berbagai tindak kekerasan, kriminal, dan kesesatan. Oleh karenanya perlu adanya tameng dan upaya sejak dini untuk mencegah hal tersebut.

MIN 2 Banyumas sebagai lembaga pendidikan ikut aktif dalam menguatkan karakter siswa melalui kegiatan pramuka.

"Anak-anak harus dikuatkan karakternya, agar tidak terjerumus ke dalam kesesatan," ujar Kepala MIN 2 Banyumas, Saridin, di sela-sela acara Jambore Pramuka Penggalang Kwartir Cabang Banyumas yang diselenggarakan di Bumi Perkemahan Kendalisada Kalibagor Banyumas, Kamis (29/3).

"Kami sangat mendukung kegiatan pramuka, tidak tanggung-tanggung hari ini kami kirim empat regu. Agar anak didik merasakan kegiatan kemah di alam terbuka yang penuh tantangan," tegas Saridin.

Menurutnya, dengan mengikuti kegiatan pramuka, siswa menjadi lebih disiplin, bertanggung jawab, mandiri, peka terhadap kesusahan teman sehingga sikap sosial, patriotisme dan nasionalisme semakin meningkat. 

Pada Februari 2018 lalu, MIN 2 Banyumas telah mendapatkan penghargaan sebagai Tergiat I Gugus Depan SD/MI tingkat Kwartir Cabang Banyumas. Penghargaan ini diraih karena MIN 2 Banyumas sangat aktif dalam kegiatan pembinaan baik kepada anggota muda maupun dewasa di tingkat gugus depan.

"Kegiatan pramuka di MIN 2 Banyumas masuk dalam kurikulum dan diintegrasikan dalam mata pelajaran. Ekstrakurikuler pramuka menjadi ekstrakurikuler yang wajib diikuti oleh semua siswa yang dilaksanakan setiap hari sabtu. Semua kegiatan kami catat dan kami laporkan kepada kwartir. Kami juga telah memiliki 28 pembina yang lulus Kursus Mahir Dasar dan 17 anak yang sudah dilantik menjadi siaga garuda," terang Saridin.

Selain itu, dalam kurun waktu dua tahun terahir MIN 2 Banyumas juga meraih berbagai kejuaraan diantaranya sebagai Juara 1 Pesta Siaga, Juara 1 Galang Tangguh, Juara 1 Baris Berbaris di tingkat Kwartir Ranting Tambak baik regu putra maupun regu putri.

"Sebagai gugus depan tergiat di tingkat kabupaten, tentu kami ingin istiqomah dalam membina peserta didik agar menjadi generasi penerus bangsa yang berkarakter, kuat dalam akidah, berakhlakul karimah, peduli terhadap sesama, serta menjunjung tinggi semangat persatuan dan kesatuan," harap Saridin. (ak/bd)