Kepastian Haji Tahun Ini Masih Menunggu Keputusan Pemerintah Arab Saudi

Rembang –Pemberangkatan haji tahun ini masih menunggu pengumuman dari Pemerintah Arab Saudi. Hal ini untuk menjawab banyaknya masyarakat yang bertanya tentang kepastian pemberangkatan haji tahun ini.

Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Rembang, Zuhri mengatakan, hingga kini belum ada pengumuman resmi dari Pemerintah Arab Saudi terkait pemberangkatan haji tahun ini. “Pemerintah Indonesia masih menunggu keputusan dari Pemerintah Arab Saudi,” kata Zuhri ketika diwawancara Selasa (4/5/2021).

Zuhri mengatakan, terkait vaksinasi Covid19 yang telah dilakukan kepada sejumlah calon haji yang sedianya berangkat tahun lalu, adalah sebagai upaya persiapan pemerintah setempat. Sehingga jika ada pengumuman haji akan berangkat, maka calon haji sudah siap berangkat.

“Pada prinsipnya, pemerintah dari Kabupaten hingga pusat sudah mempersiapkan pemberangkatan haji, seperti paspor dan vaksin. Sehingga jika sewaktu-waktu ada pengumuman berangkat, maka calon haji dalam kondisi sudah siap,” kata Zuhri.

Zuhri mengatakan, paspor calon haji, termasuk calon haji dari pelimpahan porsi sudah dikirim ke Kanwil. Hanya saja, jika jadi berangkat, maka pemerintah perlu mempersiapkan catering dan akomodasi yang biasanya sudah selesai kontrak dengan Pemerintah Arab Saudi pada bulan Sya’ban.

Karena itu, Zuhri meminta kepada segenap masyarakat agar menerima dengan legowo apa pun keputusan pemerintah terkait pemberangkatan haji tahun ini. “Kendati memang sudah dipersiapkan skema apakah yang berangkat 100 %, 50 %, 20 %, bahkan 5 %,” ujar Zuhri. — iq