Kerukunan Beragama Syarat Mutlak Terwujudnya Stabilitas Bangsa

Sragen – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sragen, H. Ahmad Nasirin menyampaikan bahwa kerukunan umat beragama merupakan salah satu hal penting yang mesti diwujudkan. Hal tersebut disampaikannya saat membuka dan memberikan pengarahan pada acara Dialog Lintas Tokoh Agama. Dialog lintas tokoh agama dan ormas ini dihadiri 35 orang dan dilaksanakan di RM. Salero Sragen, Selasa (23/05).

Mengutip pernyataan KH. M. Dachlan, Menteri Agama pada Kabinet Ampera, Ahmad Nasirin mengatakan, adanya kerukunan antara golongan beragama adalah syarat mutlak bagi terwujudnya stabilitas bangsa.

 “Tanggungjawab dalam pembinaan kehidupan beragama tidak hanya menjadi tanggungjawab pemerintah, justru umat beragamalah yang pertama-tama dan terutama harus memikul tanggungjawab itu”, ungkapnya.

Ahmad Nasirin juga menyampaikan beberapa langkah konkrit yang dilakukan Kankemenag Sragen dalam upaya menjaga dan menguatkan semangat kerukunan beragama di Kabupaten Sragen.

“Ada beberapa langkah kami untuk menjaga kerukunan umat beragama yang selama ini telah terjalin di Sragen. Pertama adalah melakukan silaturahmi dengan para tokoh agama dan masyarakat, kedua yaitu, penyelenggaraan dialog bagi tokoh lintas agama dan juga mengadakan workshop peningkatan wawasan multikultural bagi siswa SMA/SMK”, jelasnya.

“Kita patut berbangga bahwa pemerintah Kabupaten Sragen sangat peduli dengan program kerukunan umat beragama, terbukti dengan dukungan anggaran dalam program  tersebut”, tambah Nasirin.

“Dan Alhamdulillah karena kepedulian Pemkab Sragen ini, pada tahun 2017 Kabupaten Sragen menerima penghargaan terkait kerukunan dari Menteri Agama yang diterima Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati pada 12 April yang lalu”, pungkasnya. (ira1/Wul)