Kerukunan Umat Beragama Berbanding Lurus dengan Kesejahteraan

Sragen – Wakil Bupati Sragen Dedy Indriyatno mengatakan bahwa Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Sragen telah membantu pemerintah dalam memelihara kerukunan umat beragama di Sragen, hal ini  selaras dengan slogan Kabupaten Sragen “Guyub Rukun Sesarengan Mbangun Bumi Sukowati”.

“Peran FKUB saat ini sangat membantu kami Pemerintah Kabupaten Sragen guna menjaga kerukunan di Sragen” ujar Wakil Bupati saat menerima kunjungan pengurus FKUB dan Tim Pengendali Kerukunan Umat Beragama Kabupaten Sragen pada Kamis (02/03) di Ruang Rapat Bupati.

Rombongan FKUB dipimpin KH. Moehti’udin dan didampingi segenap pengurusnya diterima dengan hangat Wakil Bupati beserta jajarannya. Dedi Indriyatno menyampaikan permohonan maaf  Bupati Sragen  yang tidak dapat menerima secara langsung kunjungan FKUB ini karena ada kegiatan Rakor di Jakarta.

Kunjungan ke Pemerintah Kabupaten Sragen adalah agenda rutin yang dilakukan dalam rangka menjalin komunikasi dan berbagi informasi dalam rangka memberikan sumbangsih bagi kemajuan Sragen, khususnya berkenaan dengan program Kerukunan Umat Beragama. Dedy Indriyatno juga berharap agar FKUB bisa berperan juga dalam penanggulangan kemiskinan.

“Kerukunan umat beragama itu akan berbanding lurus dengan kesejahteraan masyarakat”, tutur Wabup.

Berkenaan dengan keluhan masyarakat tentang jalan jalan yang saat ini rusak, Dedi berpesan agar FKUB yang terdiri dari para tokoh  lintas agama ini ikut memberikan motivasi kepada masyarakat untuk aktif bersama pemerintah daerah dalam program menutup jeglongan sewu, yakni menutup jalan-jalan yang berlubang.

Dalam sesi terakhir , anggota FKUB Petrus Widodo mengusulkan kepada Wabup bahwa FKUB Sragen mempunyai harapan besar kepada Pemkab Sragen untuk bisa membangun puja mandala (tempat ibadah berbagai agama dalam satu lokasi) di kecamatan Masaran sebagai simbol kerukunan umat beragama kab. Sragen.

“Kami berharap agar Pemkab Sragen dapat membangun puja mandala seperti di Bali, ini untuk membuktikan kalau umat beragama  di Sragen itu rukun” usul Petrus. Menanggapi itu Dedi Indriyatno menyampaikan bahwa Pemkab Sragen akan selalu mendukung program program yang dibuat oleh FKUB. (dewi-ir1/ Wul)