Kesehatan Mata Dukung Kenyamanan Kerja

Semarang – Kondisi tubuh yang sehat akan mendukung profesionalitas kinerja. Karena itu, kesehatan diri harus dijaga. Termasuk kesehatan mata yang setiap hari tak bisa lepas dari perangkat kerja seperti komputer, laptop atau gawai.

Salah satu upaya untuk menjaga kesehatan mata ini adalah dengan melakukan pemeriksanaan mata. Pada Jumat (8/10), Kemenag Kota Semarang menggandeng Optik Mulia, Kota Semarang melaksanakan pemeriksaan mata gratis kepada pegawainya. Kegiatan ini dilaksanakan di aula Kankemenag Kota Semarang.

Sebelum pandemi, kegiatan seperti ini sering dilakukan oleh Kemenag Kota Semarang. Tidak hanya bekerjasama dengan optik, tetapi juga menggandeng KPRI Tulus Karya. “Mata sehat, harga bersahabat dan pembayaran juga merakyat, karena bisa sistem angsur lewat koperasi sehingga bisa meringankan pegawai,” ungkap Nova pegawai umum Kemenag Kota Semarang kepada Humas.

Kasubbag TU Rachmad Pamudji juga ikut hadir pada kegiatan pemeriksaan mata gratis ini. Dengan senyum ramah, Rachmad menyampaikan kegiatan ini sangat bermanfaat. “Di era pandemi, semua kegiatan serba digital menggunakan gadget. Akibatnya mata lebih sering terpapar radiasi. Akan tetapi padatnya kegiatan kedinasan, terkadang mengakibatkan kita tidak sempat untuk melakukan pemeriksaan ke klinik atau optik. Dengan kegiatan, memberikan kemudahan bagi pegawai untuk mengontrol kesehatan matanya. Pemeriksaan ini efektif. Karena selain gratis, tetapi pihak penyedia barang juga sudah menyiapkan lensa dan pilihan frame kaca mata yang beragam,” kata Rachmad.

Pemeriksaan tetap dilaksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan. Sebelum digunakan untuk melakukan pemeriksaan kepada pegawai, dilakukan pembersihan alat terlebih dahulu dengan desinfektan. Selain itu, antrian antar pegawai maupun pemeriksaan juga dilaksanakan dengan menjaga jarak. – (nova/dinta/iq/bd)