Kesehatan Mental Tidak Kalah Pentingnya Bagi Jamaah Haji

Karanganyar – Kantor Urusan Agama yang bekerjasama dengan Puskesmas Kecamatan Tasikmadu melaksanakan program lanjutan tahap ke – 2 tes Kebugaran Calon Jamaah Haji Tahun 2017. Kegiatan yang bertempat di Lapangan Desa Suruh ini diselenggarakan pada hari Rabu, 5 April 2017.

Saat dikonfirmasi ulang (Rabu, 12/04), perihal program yang pernah diselenggarakan bulan lalu, Kepala KUA Tasikmadu, Aris Purwanto mengatakan bahwa kegiatan tersebut masih sama dengan yang sebelumnya, namun dititikberatkan pada fisik.

“Kegiatan ini masih sama dengan tahap yang pertama yaitu pengecekan nadi, pemerikasaan kesehatan jantung, dan tes kebugaran lainnya yang dititik beratkan pada kesiapan fisik calon jamaah haji tahun 2017”, kata Aris.

Lebih lanjut Kepala KUA Tasikmadu mengatakan bahwa program kedua ini juga digunakan sebagai kontrol kesehatan dan kebugaran calon jamaah haji tahun 2017 dibanding bulan sebelumnya.

“Dari program lanjutan tes kebugaran ini kita juga dapat mengetahui perkembangan kesehatan dan fisik jamaah haji sebelum bertolak ke tanah suci, sehingga pada saatnya nanti Calhaj akan lebih siap”, tandasnya.

Selain mengingatkan tentang pentingnya kebugaran dan kesehatan fisik dalam rangka ibadah haji, Kepala KUA Tasikmadu juga mengingatkan betapa pentingnya kesehatan mental. Menurutnya kesehatan fisik dan mental merupakan dua hal yang tidak terpisahkan untuk menjalani ibadah haji di Arab Saudi yang memerlukan waktu cukup lama.

Sementara itu, Kepala UPT Puskesmas Tasikmadu dr. Kristanto Setyawan yang juga hadir dalam kesempatan tersebut menegaskan bahwa kegiatan ini akan berkelanjutan pada kegiatan Manasik Haji yang diadakan Kemenag, dimana puskesmas akan selalu memantau kesehatan fisik calon jamaah haji tahun ini.

“Kami ingin memastikan bahwa jamaah calon haji tahun ini benar-benar siap baik secara fisik maupun mental agar bisa beribadah dengan maksimal dan bisa pulang dengan selamat sampai dirumah”, tegas dr Kristanto. (nr-hd/Wul)