Khaeruddin : Layani Jamaah Haji dengan baik

Boyolali – Hampir 10 hari setelah masa pemberangkatan usai Asrama Haji Donohudan lengang dari kegiatan penyelenggaraan haji, kini segera kembali diramaikan oleh kegiatan penyelenggaraan haji khususnya penyambutan pemulangan jamaah haji.

Sesuai dengan jadwal pemulangan petang hari ini jamaah haji kloter pertama Debarkasi Solo diberangkatkan dari Bandara King Abdul Aziz Mekah menuju Indonesia. Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji Debarkasi Solo sejak beberapa hari ini telah mempersiapkan diri dan sore hari ini Satuan Tugas (SATGAS) PPIH dikukuhkan oleh Ketua PPIH yang tidak lain adalah Kakanwil Kemenag Prov. Jateng Drs. H. Khaeruddin, MA.

Dengan pengukuhan SATGAS PPIH Debarkasi Solo ini diharapkan dapat membantu meringankan tugas PPIH dalam melayani para tamu Allah seusai menjalankan ibadah hajinya dari tanah suci. Walaupun dalam masa pemulangan jumlah SATGAS PPIH yang dikukuhkan jauh berkurang dari masa pemberangkatan, hal ini karena disesuaikan dengan kebutuhan pos-pos yang ada di lapangan.

Konsentrasi dalam masa pemulangan ini lebih difokuskan pada bidang kesehatan terkait merebaknya virus MERS dan Ebola, koordinasi antara bidang kesehatan dengan bidang penerimaan jamaah supaya bisa ditingkatkan, sehingga hal-hal yang tidak diinginkan bisa dihindarkan.

Pada kesempatan itu Khaeruddin berpesan “bagi SATGAS supaya mengutamakan kesehatan, senantiasa gunakan masker dalam melayani pemulangan jamaah baik yang bersinggungan langsung maupun tidak, walaupun bidang kesehatan telah menyiapkan thermo scanner bagi jamaah haji yang datang, namun tidak ada salahnya jika kita juga berhati-hati”.

Berdasarkan informasi terkahir jumlah jamaah meninggal untuk Embarkasi Solo sudah mencapai 29 orang, harapannya nanti begitu jamaah haji pulang bidang penerimaan dengan bidang kesehatan supaya aktif dalam penanganan jamaah-jamaah haji khususnya yang kurang sehat, sehingga dalam masa pemulangan dari Debarkasi Solo menuju kampung halaman masing-masing jamaah haji dapat tertangani dengan baik dan tidak menambah jumlah angka kematian jamaah haji.

“Selamat melaksanakan tugas menerima pemulangan tamu-tamu Allah, kita doakan bersama semoga jamaah haji Jawa Tengah diberikan kemabruran, dan bagi seluruh SATGAS diberikan kesehatan dan kekuatan sehingga dapat melayani para tamu Allah dengan baik dan lancar”, ucap Beliau mengakhiri sambutannya.(gt)