Khotmil Quran dan Khitanan Massal TPA Kusuma Mulya

Kota Magelang – Menjadi sebuah agenda tahunan, TPA Kusuma Mulya mengadakan kegiatan tahunan berupa Khotmil Qur’an dan Khitanan Massal,sekaligus pengajian khataman untuk santri, wali santri dan masyarakat lingkungan  sekitar senin(24/04).

Kehadiran TPA Kusuma Mulya di tengah tengah kehidupan masyarakat  Kota Magelang tentu memberikan konstribusi yang baik bagi iman dan Akhlak anak anak, dengan visi misi yang bagus,   diantaranya adalah berperan serta dalam mengedepankan kelancaran membaca Al Qur’an dengan bacaan yang baik dan benar  serta membentuk pribadi muslim sejak dini dengan penekanan akhlaqul karimah.

Khotmil Qur’an dan Khitanan Massal di ikuti oleh 7 santri Khotmil Qur’an dan 13 Santri Khitanan dari Jumlah keseluruhan santri kurang lebih 150 santri.dimeriahkan dengan Pawai Ta’aruf, Rebana,drumband  dan pengajian umum. Dalam kegiatan ini H. Fuad Safrudin Selaku ketua Panitia sekaligus PAH Penyuluh Agama Islam Kecamatan Magelang Selatan menyampaikan “kegiatan ini memberi semangat pada santri untuk terus belajar Alqur’an tanpa mengenal lelah ” longlife education ” belajar sepanjang hayat, selagi masih diberi nafas untuk terus belajar Al-quran, karena sebaik baik kalian adalah orang yg belajar Al-qur’an dan mengajarkan Alqur’an kembali kepada orang  lain,” imbuhnya.

Kegiatan ini juga di lengkapi dengan pengajian khataman, kesempatan ini pula mengundang penceramah KH Manshur Khadiq dari Salaman Magelang, hal senada di sampaikan “Al-quran merupakan pegangan hidup bagi umat Islam, maka harus di fahami dan di hayati, dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari hari, Alquran juga mempunyai fungsi sebagai, Alhuda/petunjuk, Alfurqon/Pembeda, Al-syifa/obat’ dan Al-mauizah/Nasehat,” Katanya.

Pada hakekatnya anak adalah amanat Allah SWT yang dipercayakan kepada setiap orang tua. Oleh karena itu, wajib bagi orang tua untuk mengemban amanat tersebut dengan baik dan penuh tanggung jawab, salah satunya dengan cara mengasuh dan mendidik anak-anak dengan baik dan benar. Pendidikan anak-anak sejak kecil harus mendapat perhatian terutama dalam pendidikan akhlak agar anak mereka tidak menjadi anak-anak yang lemah iman dan tumbuh dewasa menjadi generasi yang soleh dan solekhah. Untuk melaksanakan pendidikan ini tidak hanya terletak pada lembaga formal (sekolah) tapi terutama keluarga dan juga lembaga-lembaga pendidikan di lingkungan masyarakat, misalnya Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA). (Afi/Af)