Khotmil Quran, Imtihan Juz 1,2,3 Dan Pelepasan Kelas VI Mimau

Banjarnegara – MI Maarif Al Falah Joyokusumo atau lebih dikenal dengan sebutan MIMAU menutup pembelajaran kelas VI dengan kegiatan yang sakral yaitu “Khotmil Qur’an, Imtihan Juz 1,2 & 3 serta Pelepasan kelas VI”. Pelaksanaan kegiatan ini diikuti oleh Guru, seluruh siswa & Wali murid kelas VI serta tamu undangan dari Kementerian Agama, Kelurahan dan keluarga Yayasan. Acara ini berlangsung di aula PP Salafiyah Al Falah Joyokusumo,Rabu (2/6).

Sebelum hari pelaksanaan terlebih dahulu semua kelas VI berjumlah 28 mengkhatamkan tadarus Al Qur’an 30 Juz dengan pembagian per santri satu juz dengan guru kelas & guru qiraati.

Di kelas VI tahun pelajaran 2020 – 2021 merupakan lulusan angkatan ke IV ada 6 anak yang telah hafal Al Quran sampai 3 Juz. Ini adalah prestasi yang luar bisa karena hanya dihafal dalam waktu 9 bulan dengan mengikuti program Asrama Tahsin & Tahfizh. Sehingga di acara ini mereka mengisi sima’an juz 1 dengan tartil dan sesuai kaidah tajwid.

Acara tersebut berlangsung sangat khidmat, apalagi saat dinyanyikan bersama “Hymne Madrasah”, syair dengan lirik yang memiliki arti mendalam membuat para hadirin terharu menitikkan air mata. Hal ini juga sebagai ungkapan syukur siswa kelas VI yang sebentar lagi melanjutkan pendidikan di MTs / Pondok Pesantren dan SMP. Banyak kenangan indah selama enam tahun serta banyak ilmu yang didapat sehingga mereka lulus mampu membaca Al Qur’an, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi dan memiliki akhlaqul karimah seperti Visi MI Maarif Al Falah Joyokusumo ini.

Siti khuzaemah, salah seorang walimurid dari ananda Azzahra Ratu Shita ini tak kuat membendung tangis bahagia atas pelepasan ini. “saya Sedih sekaligus bahagia dengan acara ini, juga menyampaikan beribu – beribu terimakasih atas segala ilmu yang diberikan guru – guru kepada siswa kelas VI dan saat itu sambil memberikan kenang – kenangan berupa laptop untuk madrasah sebagai perwujudan syukurnya,” ucapnya.

“Kami mengucapkan terimakasih atas doa dan kenang – kenangan yang diberikan, pastinya sangat bermanfaat. Dan kami selalu berpesan kepada siswa semuanya lanjutkan pendidikan ke yang lebih tinggi di madrasah atau pondok pesantren agar dapat mengembangkan ilmunya, tetaplah berprestasi dan junjung budi pekerti,” ungkap Wahyul Khomisah Kepala Madrasah saat mengisi sambutan.

Selanjutnya di acara sebelum penutup, madrasah membagikan hadiah uang pembinaan & piala kepada peringkat 3 besar Ujian Madrasah oleh ananda Mevia, Azka & Fadil. Pemberian ini oleh kepala seksi pendidikan madrasah Slamet Wahyudi, dan menyampaikan selamat atas prestasi yang diraih. Kemudian pemberian hadiah uang pembinaan pula kepada 6 siswa yang telah mampu menghafal sampai 3 Juz oleh para Nyai pondok pesantren. Dilanjutkan penerimaan piala bidang non akademik tahun 2021 oleh pengurus Yayasan.

“Acara ini sukses atas kerjasama yang sangat baik dari seluruh panitia baik komite maupun koordinator kelas, dan dukungan serta bantuan yang diberikan oleh walimurid kelas I – VI ini semoga Allah balas dengan pahala yang berlipat ganda,” ungkas Wahyul. (wk/ak/rf)