Kilau Ramadan di MTs SA Pancasila

Salatiga — Bulan  Ramadan 1442 H tahun ini masih dalam suasana pandemi di Kota Salatiga. Meski dalam suasana pandemi, tidak menyurutkan semangat beribadah di bulan nan suci ini. Bulan ramadhan adalah waktu yang tepat untuk banyak-banyak mencari pahala. Hal itu pula yang sedang dilakukan oleh seluruh santri di Pondok Pesantren Pancasila (PonPes Darul Muhlasin) Salatiga. Pondok pesantren yang tergabung dengan Mts SA Pancasila ini memiliki beragam kegiatan rohani sejak awal ramadhan yang diikuti oleh seluruh santri dan siswanya. Mulai dari tadarus pagi, sholat berjama’ah, hingga khataman al-qur’an. Kegiatan ramadhan di MTs SA Pancasila sendiri dilakukan sejak pagi diisi dengan tadarus qur’an oleh siswa, dilajutkan dengan sholat dhuha dan menimba ilmu, setelah pulang sekolah siswa diwajibkan untuk sholat dhuhur berjama’ah.

Siswa di MTs SA Pancasila tetap semangat belajar dengan tatap muka meski dalam kondisi puasa. Siswa tetap mengerjakan tugas dan mengikuti pelajaran dengan baik. Nyatanya meski pandemi masih terus berlanjut, siswa MTs SA Pancasila tetap semangat beribadah dan belajar. Pada 17 ramadhan MTs SA Pancasila bersama dengan PonPes Pancasila mengadakan tadarus al-qur’an dengan target 5 juz setiap harinya. Kegiatan itu dilakukan siang hari ba’da dhuhur hingga menjelang ashar.

Kegiatan tadarus ini dilakukan di dalam masjid Darul Muhlasin diikuti oleh seluruh siswa dan santri Pancasila. Para santri dan siswa mengikuti kegiatan dengan semangat demi mencari pahala dibulan ramadhan ini. Semangat ramadhan memang berbeda dengan bulan-bulan biasanya. Setiap harinya tanpa diperintah seluruh santri dan siswa mengikuti tadarus Al-qur’an. Dengan target 5 juz yang dilaksanakan sejak 17 ramadhan, akhirnya khataman al-qur’an PonPes Pancasila dan MTs SA Pancasila dilaksanakan di 21 ramadhan.

Pada malam 21 ramadhan PonPes Pancasila beserta seluruh santri, pengurus, serta bapak/ ibu guru melaksanakan khataman al-qur’an bersama. Kegiatan itu dibarengi dengan buka bersama seluruh anggota keluarga besar PonPes Pancasila. Kegiatan khataman al-qur’an dilaksanakan di halaman masjid Darul Muhlasin sampai pelataran masjid. Setelah selesai acara, khataman ditutup dengan ramah tamah dan foto bersama sebagai penutup bulan ramdhan 1442 H tahun ini. Kami semua berharap dapat bertemu di bulan ramadhan tahun depan, dan dapat beribadah dalam kondisi yang lebih baik lagi. Semoga ramadhan tahun ini membawa berkah bagi kita semua. (Fatir)