Kirab Budaya Warnai Peringatan HUT-53 Kabupaten Batang

Batang – Rangkaian peringatan Hari ulang tahun ke 53 Kabupaten Batang tahun ini dimulai dengan Kirab Merah Putih, Haul Mbah Khasan Surgi Jati Kusumo, Ziarah leluhur, Upacara Besar dan ditutup dengan kirap budaya yang diikuti oleh  44 peserta dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Pelajar, dan Organisasi Masyarakat, pada Senin, (08/04) yang lalu.

Bupati Batang, Wihaji menyampaikan rasa optimisnya untuk menuju kemajuan Batang, bahkan dia menyatakan di tahun ini Kabupaten Batang bergeliat menuju kemajuan disemua bidang.

“Di usia ke-53 Pemerintah Kabupaten Batang terus membenahi diri melalui fasilitas layanan publik yang terus ditingkatkan kualitasnya, seperti dibukanya stasiun Batang sebagai tempat pemberhentian kereta api dan layanan pembuatan paspor. Lebih dari itu, ternyata ada kado istimewa dengan dilaunching yaitu layanan aplikasi Batang Smart Region dan Batang Smart Spatial System”, katanya.

Dia juga menyatakan Ulang tahun ke-53 merupakan usia yang matang, permasalahan pun akan selalu datang dan menjadi suatu tantangan untuk mencari solusi yang terbaik.

“Tapi yang lebih baik adalah membangun optimisme dan memberikan contoh kepada masyarakat, sudah saatnya kita optimis untuk membangun Kabupaten Batang lebih baik dan lebih maju,” tegasnya.

Selain itu Wihaji juga menyampaikan bahwa hari jadi ini tak hanya mengedepankan investasi dan wisata di Batang, tetapi juga fokus pada pembenahan layanan publik untuk menjawab kritik masyarakat.

“Ulang tahun ini sebagai wujud syukur kita kepada Allah dan berkat para leluhur, pejuang, pendahulu dan pendiri Kabupaten Batang, sehingga sampai hari ini semakin baik , maka sebagai penerus , diharapakan kita tetap menjaga guyub rukun, serta memberikan kontribusi terbaik untuk Kabupaten Batang,” sambungnya.

Sementara itu kirap budaya sebagai puncak peringatan HUT Kabupaten Batang ini merupakan budaya dan tradisi tahunan yang bersinergi dengan wisata lanjutnya, agenda ini sangat ditunggu masyarakat Batang, sehingga diberharapkan ke depan kirab budaya tambah menarik, lebih inovatif dan kreatif, sehingga menjadi agenda tahunan yang ditunggu oleh masyarakat secara nasional.

Adapun Kasub.Bag. Tata Usaha  Kemenag Kab. Batang, di sela-sela kirap mengatakan bahwa kita meskipun sebagai institusi Vertikal yang tidak ada garis komando dengan pemerintah daerah, namun kita tetap ikut mendukung kegiatan yang laksanakan, salah satunya dalam  kegiatan yang berkaitan dengan  peringatan HUT 53 Kabupaten Batang, kita terlibat secara langsung.

“Meskipun kita institusi vertikal, Kemenag tetap mendukung dan terlibat secara langsung dalam rangkaian kegiatan pemda”, jelasnya. 

Dia menambahkan bahwa Kemenag selalu seiring dan sejalan dengan kebijakan Pemerintah Kabupaten, dan selalu bersinergi dalam banyak aspek, seperti kerjasama dalam kegiatan Bimbingan Perkawinan, penyuluhan tentang keluarga, Ibu dan anak hingga kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan radikalisme dan faham terlarang. Kemenag juga selalu bekerja sama untuk mensukseskan program satu orang satu data dengan mensingkronkan data e-KTP, KK dengan Akta Nikah bersama dukcapil.

“Jadi sangat banyak kemitraan dan hubungan lintas sektoral antara kemenag dengan pemerintah daerah, karena untuk menyukseskan tugas dan fungsi Kemenag di tingkat Kabupaten selalu bersama pemerintah daerah,” lanjutnya. (Zy/Wul)