Kita Ingin Ngangsu Kawruh, Tutur Jasmin

Kebumen – “Kita ingin ngangsu kaweruh (menimba ilmu), ngaji bareng tentang PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu),” hal itu disampaikan Jasmin, Kasubbag TU Kemenag Kabupaten Cilacap, di aula Kemenag Kabupaten Kebumen baru-baru ini (19/10). Kedatangan Jasmin bersama 20 ASN Kemenag Cilacap bukan tanpa alasan, mereka datang dalam rangkaian perjalanan studi banding PTSP yang tujuan utamanya adalah Kemenag Kabupaten Sleman.

Menurut pengakuannya, dia sudah melihat secara langsung pelaksanaan PTSP Kemenag Kebumen, saat baru tiba. Dia juga mengaku sudah meminta aplikasi layanan PTSP melalui staf ahli IT untuk bisa diterapkan nanti di Kemenag Cilacap.

“Saya sudah melihat langsung pelaksanaannya, dan kami juga sudah minta aplikasinya,” ucap Jasmin.

Dalam keterangannya Jasmin menambahkan, bahwa program dari Kanwil Kemenag Jateng tentang PTSP pada tahun 2019 nanti akan ada anggaran untuk masing-masing Kab/Kota se-Jateng. “Mudah-mudahan nanti bisa terlaksana dengan lancar,” katanya.

Kepala Kantor melalui Kasubbag TU Kemenag Kebumen, Suwaibatul Aslamiyah, menyambut dengan senang kedatangan rombongan Kemenag Cilacap. Namun dia mengaku bahwa mereka juga belajar dari Kemenag Sleman, karena ada unsur kedekatannya.

“Sebenarnya kami ngaji PTSP ke Kabupaten Sleman, karena kebetulan Kasubbag TU Sleman juga orang Kebumen,” terang Suwaibatul. Sehingga menurutnya jika mungkin Kemenag Cilacap nanti langsung ke Kemenag Sleman, akan lebih puas dalam menimba ilmunya.

Selain itu Suwaibatul mengatakan, bahwa Kemenag Kebumen saat ini telah disurvey oleh tim KemenPAN-RB melalui BPS Kebumen atas pelaksanaan Zona Integritas tahun ini.

“BPS Kebumen menyatakan puas atas layanan kami, termasuk juga salah satunya tentang PTSP,” tuturnya.

“Insya Allah di akhir bulan ini, tim KemenPAN-RB akan datang secara langsung melihat keadaan Kemenag Kabupaten Kebumen,” imbuhnya.(pt/sua)