KKG Menciptakan Madrasah Hebat !

Slawi – Kelompok Kerja Guru (KKG) adalah wadah kerja sama guru-guru dalam satu gugus, dalam upaya meningkatkan kemampuan profesional mereka. Fungsi utamanya adalah menampung dan memecahkan masalah yang dihadapi dalam KBM melalui pertemuan diskusi, pengajaran contoh, demonstrasi penggunaan dan pembuatan alat peraga.

KKG tersebut berorientasi kepada peningkatan kualitas pengetahuan, penguasaan materi , teknik mengajar dan lain-lain yang berfokus pada penciptaan KBM yang efektif. Untuk menunjang kelancaran pelaksanaannya, KKG juga memiliki organisasi kepengurusan, yang terdiri dari Ketua, sekretaris, bendahara, dan anggota. Dibina oleh seorang pengawas serta dibantu oleh beberapa orang guru yang dipandang mempunyai keahlian dalam bidang ilmu tertentu sebagai pemandu bidang studi atau mata pelajaran.

Bertempat di MIN Slarang Kidul Kamis (16/11), dilaksanakan kegiatan KKG MI Kabupaten Tegal yang membahas tentang Administrasi pembelajaran dan format penilaian mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Bahasa Arab. Kegiatan ini dihadiri Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kab. Tegal Kasori.

Dalam sambutanya Kasori mengungkapkan harapanya agar guru aktif dalam kegiatan KKG agar tercipta madrasah yang hebat. “Saya mendukung dengan sangat kegiatan KKG ini dan berharap semua guru MI dapat aktif dalam kegiatan KKG. Kalau semua guru MI aktif dalam kegiatan KKG, saya yakin akan tercipta madrasah yang hebat yang mampu mencetak generasi yang hebat,” tutur Kasori.

Dia juga menambahkan kalau kegiatan KKG akan memberikan dampak positif, yaitu adanya peningkatan nilai UABD Kabupaten Tegal. Dirinya yakin kegiatan KKG ini akan memberikan dampak positif bagi Madrasah Kabupten Tegal, yaitu dengan adanya peningkatan nilai UABD Madrasah Ibtidaiyah Kab. Tegal tahun pelajaran 2017/2018, kita berdoa saja.

Dalam kegiatan tersebut Ketua KKG MI Kab. Tegal Arnis Nurdin, menjelaskan tujuan dilaksanakanya kegiatan ini adalah untuk berbagi ilmu dan menyamakan persepsi agar semua guru di Kabupaten Tegal mempunyai pengetahuan yang sama. Dia juga berharap agar pengurus KKG Kecamatan yang hadir dalam kegiatan ini dapat menyampaikan materi yang didapat kepada guru – guru di Kecamatan masing – masing.

KKG ini dimulai pukul 09.00 sampai dengan pukul 13.00. Narasumber kegiatan ini adalah Koordinator Pengawas MI Kabupaten Tegal Sokhibi yang memberikan materi tentang administrasi pembelajaran mapel PAI dan Bahasa Arab. Nok Pasikha guru MIN Slarang Kidul yang memberikan materi tentang format penilaian mapel PAI dan Bahasa Arab. (am/za)