KKMI Bokasera Gelar Rakor Persiapan Workshop Computational Thinking

Kab. Pekalongan – Dalam rangka mempersiapkan pelaksanaan workshop Computational Thinking, KKMI Bokasera melaksanakan rapat koordinasi yang digelar Kamis (2/9) di MIS NU Al-Utsmani Gejlig Kajen.

Rapat Koordinasi ini dihadiri oleh seluruh kepala MI se-Bojong, Kajen, Kesesi dan Kandangserang. Turut hadir juga pada kesempatan tersebut pengurus harian KKGMI Bokasera.

Ketua KKMI Bokasera, Herru Susanto mengatakan bahwa workshop computational thinking ini merupakan kerjasama dengan IAIN Pekalongan sebagai wujud pengabdian perguruan tinggi kepada masyarakat. Khususnya program studi tadris matematika dan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

“Dengan workshop computational thinking ini guru-guru akan dilatih bagaimana  cara berpikir (atau memecahkan masalah) seperti seorang ilmuwan komputer. Dengan kata lain, Computational Thinking adalah sebuah metoda pemecahan masalah dengan mengaplikasikan/melibatkan teknik yang digunakan oleh software engineer dalam menulis program,” jelas herru.

“Nantinya guru-guru akan dilatih menyusun soal-soal yang mendorong siswa untuk berpikir kreatif dan kritis dalam menyelesaikan persoalan dengan menerapkan konsep-konsep berpikir komputasional.” tambahnya.

Workshop ini sendiri akan dilaksanakan tanggal 15 September 2021 di Kampus IAIN Pekalongan dengan peserta Kepala Madrasah dan guru masing-masing 3 orang per madrasah. Selain workshop ini sebagai tindak lanjut guru dapat mengimplementasikan dalam bentuk penelitian tindakan kelas dan akan difasilitasi dengan membuat artikel jurnal yang bisa dipublish di jurnal milik IAIN Pekalongan. (Msa/Ant).