Kloter Awal SOC masuki Kota Makkah

Boyolali (PHU) – Empat kloter pertama jemaah haji Embarkasi Adi Sumarmo telah tiba di Makkah Arab Saudi. Setelah menjalankan arbain-nya dan ibadah-ibadah lainnya selama di Madinah, 4 kloter asal Embarkasi Solo telah sampai di kawasan Jarwal Makkah dan bertempat di hotel Al-Kiswah Tower.

Pada saat kedatangan di hotel, jemaah haji disambut dengan hangat di hotel tempat mereka menginap oleh pihak maktab dan PPIH (Panitia Penyelenggara Ibadah Haji) Arab Saudi yang bertugas disana. Hal ini disampaikan Moh. Djunet selaku PPIH Arab Saudi yang bertugas dibidang transportasi dalam keterangannya via WhatsApp, Kamis (26/07).

“Empat kloter perdana SOC yang berjumlah sekitar 1.440 jemaah haji berangkat dari Madinah ke Makkah pada tanggal 26 Juli 2018 yaitu kloter SOC-1, SOC-2, SOC-3, dan SOC-4. Untuk kloter SOC-1 berangkat dari Madinah jam 7 pagi, kloter SOC-2 dan SOC-3 berangkat dengan jadwal yang sama jam 9 pagi dan SOC-4 berangkat dari Madinah jam 4 sore,” terang Djunet

Dijelaskan Djunet bahwa ke-empat kloter asal Embarkasi Solo ini selama di Makkah menempati sektor 11 di wilayah Jarwal dan bertempat tinggal di hotel yang berkapasitas sebanyak 32.428 orang dan lokasinya berjarak 700 meter dari Masjidil Haram yaitu di hotel Al-Kiswah Tower.

Pria asal Kabupaten Pati ini juga menuturkan pada saat kedatangan kloter-kloter awal di sektor 11 Jarwal dimana jam kedatangannya hampir bersamaan dan selisih jam kedatangan kloter berikutnya sangat berdekatan. Sehingga membutuhkan personil PPIH Arab Saudi yang mencukupi dalam melayani kedatangan jemaah haji.

“Kedatangan awal 12 kloter di sektor 11 Jarwal Makkah yang jam kedatangannya hampir bersamaan sehingga membutuhkan tenaga tambahan untuk petugas penerimaan jemaah haji. PPIH Arab Saudi mengambil kebijakan yaitu dari sektor 1 s.d. 10, masing-masing diambil 2 orang personil PPIH dari unsur transportasi, akomodasi, linjam dan untuk di BKO-kan ke sektor 11,” tuturnya.

Secara berturut-turut dijelaskannya saat kedatangan kloter awal asal Embarkasi Solo tiba di hotel sebagai berikut: untuk kloter SOC-1 tiba pukul 1 siang, kloter SOC-2 dan SOC-3 tiba pukul 3 sore dan SOC-4 tiba pukul 10 malam waktu setempat. (djs/gt).