Kolaborasi dan Sinergi Memuliakan Candi

Klaten (Bimas Hindu) – Bimas Hindu Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah turut berpartisipasi pada Peringatan Hari Ulang Tahun Purbakala Ke -108. Bimas Hindu bekerja sama dengan Balai Pelestarian Cagar Budaya Provinsi Jawa Tengah mengadakan Acara Bersih Candi Merak di Kabupaten Klaten. (11/6)

“Hari ini kami keluarga Bimas Hindu Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah mengucapkan banya terima kasih kepada Balai Pelestarian Cagar Budaya Provinsi Jawa Tengah yang telah memberikan ijin untuk melaksanakan Kegiatan Bersih Candi Merak Kabupaten Klaten. Kegiatan mengambil Tema Berkolaborasi dan Bersinergi Memuliakan Candi, hal dengan tujuan sebagai generasi penerus harus berupaya untuk menjaga Kelestarian Candi yang merupakan warisan dari leluhur,” kata I Dewa Made Artayasa.

Dalam Kegiatan ini hadir pula pihak dari Balai Pelestarian Cagar Budaya Provinsi Jawa Tengah, Penyelenggara Hindu Kabupaten Klaten, Ketua PHDI Kabupaten Klaten, Pengawas Pendidikan, dan Penyuluh PNS dan Non PNS Kabupaten Klaten, serta beberapa umat Hindu di sekitar Candi Merak.

“Kegiatan ini merupakan salah satu dari Kegiatan Bimas Hindu dalam peringatan Hari Ulang Tahun Purbakala Ke – 108, selain Candi Merak akan dilakukan Pembersihan beberapa Candi yang ada di Kabupaten Klaten, serta sebagai Puncak Acara akan dilaksanakan Dialog Tokoh Agama, Cendekiawan serta Tokoh Masyarakat yang akan membahas tentang keberadaan dan pemanfaatan Candi berikutnya,” jelas I Dewa.

Kegiatan Bersih Candi merupakan sebuah upaya untuk pertama mempromosikan Candi sebagai Tempat Wisata Spiritual, kedua untuk melindungi dari agar tidak terjadi kerusakan, ketiga menjaga kelestarian Candi sebagai Peninggalan Leluhur Bangsa Indonesia. Hal ini sejalan dengan Moto Sahabat Cagar Budaya Indonesia “Kunjungi, Lindungi, Lestarikan”. (Tt)