Komisi IX Tinjau Pelayanan Kesehatan Embarkasi Solo

Boyolali (Inmas) – Komisi IX DPR RI yang membidangi Penyelenggaraan Haji dan Umrah meninjau pelayanan kesehatan Jamaah Haji di Embarkasi Solo, (24/07). Kunjungan spesifik rombongan komisi IX DPR RI ini dipimpin langsung oleh Irgan Chairul Mahfiz dari Fraksi PPP.

“Kita ingin memastikan tidak ada masalah soal keberangkatan jamaah calon haji dari Jawa Tengah dan DIY, utamanya soal pelayanan kesehatan Jamaah Haji,” kata Irgan di Gedung Jeddah Embarkasi Solo.

Dalam kunjungannya tersebut, anggota komisi IX DPR RI mengapresiasi pelayanan kesehatan yang dilakukan petugas kepada calon jemaah haji. Namun demikian, ada beberapa tambahan yang menurutnya perlu untuk ditingkatkan agar pelayanan lebih maksimal.

“Semua pelayanan kesehatan berjalan baik, hanya harapan kita ada penambahan tenaga medis agar pemeriksaan medis yang saat ini berlangsung selama 1,5 jam setiap kloternya bisa berkurang menjadi setengah jam saja. Sayangnya itu belum terlaksana tahun ini, semoga kedepan bisa ada.” tambah Irgan.

Disamping itu, Ia juga memberi catatan agar poliklinik di embarkasi dapat ditingkatkan fasilitasnya, hal ini bertujuan agar jemaah nyaman ketika berada disana. Setelah mengunjungi fasilitas kesehatan, rombongan Komisi IX mengunjungi bagian akomodasi seperti tempat makan jemaah, dapur dan penginapan.

“Secara umum layanan akomodasi juga berjalan baik, terkait dapur, harus ada peningkatan kebersihan makanan agar lebih higienis. Sediakan tempat-tempat yang cukup untuk menempatkan sayuran dan bahan pokok lainnya.” tegas Irgan.

Kunjungan komisi IX DPR RI ini didampingi oleh pejabat dari Kemenag, Kemenkes RI, Direksi BPJS, Dinas Kesehatan Provinsi Jateng, KKP, serta Satgas PPIH Embarkasi Solo lainnya. (hd/afif)