Komite MAN Purwodadi Berikan Beasiswa Prestasi

Purwodadi – Dalam menciptakan iklim kompetisi yang baik di lingkungan akademik MAN Purwodadi, Komite madrasah memberikan beasiswa prestasi kepada anak didiknya. Beasiswa tersebut untuk merangsang minat siswa dalam penguasaan ilmu agama yang menjadi nilai lebih madrasah. “Prestasi siswa madrasah jangan hanya pengetahuan umum saja tapi prestasi ilmu agama juga perlu jangan ditinggalkan karena ini yang terpenting. Siswa madrasah harus pintar ngaji Al Qur’an, pinter ngaji menjadi kelebihan khusus dari siswa madrasah daripada siswa sekolah umum,” kata Muhammad Hidayat selaku Ketua Komite, Senin (13/02).

Komite MAN Purwodadi berkomitmen memberikan beasiswa kepada siswa berprestasi, baik akademik atau non akademik, terutama mereka yang mau mendalami ilmu agama dan menghafal Al Qur’an. Komite menunggu siswa yang hafidz Al Qur’an lewat program kelas tahfidz yang sudah berjalan dua tahun terakhir.

“Komite telah memberikan beasiswa hafidz Al Qur’an kepada Fitri Nur Arifa siswa kelas XII Keagamaan, fitri menerima beasiswa bebas pembayaran BPP selama 3 tahun, karena ia masuk ke Madrasah ini telah hafal 30 juz. Kita tunggu hafalan anak-anak yang ikut program tahfidh, insya Allah madrasah memberikan penghargaan,” urainya.

Sebanyak 52 siswa dari kelas unggulan X MIA 1-2 memperoleh beasiswa bebas pembayaran BPP selama 6 bulan. 33 siswa dari kelas X, XI dan XII peringkat 1 sampai 3 di jurusannya masing-masing yang diantaranya IPA, IPS, Keagamaan, dan Bahasa. Mereka yang peringkat 1 memperoleh bebas pembayaran BPP selama 6 bulan, peringkat 2 selama 4 bulan, peringkat 3 selama 2 bulan. Peringkat ini berdasarkan hasil penilaian akhir semester gasal tahun pelajaran 2016/2017.

Salah satu penerima besiswa Munbaiz Huzni Zam-Zam siswa kelas XI IPA 1 ketika dikonfirmasi mengaku bersyukur dan senang sekali, pasalnya sejak kelas X setiap semester ia menerimanya. Tahun ini merupakan tahun ketiga atau semester terakhir ia menerima besiswa. “Alhamdulillah, saya bersyukur sejak kelas X menerima beasiswa peringkat kelas, dan saya ucapkan terima kasih kepada madrasah, dengan ini saya bisa meringankan beban orang tua,” syukur Baiz dengan terharu.

MAN Purwodadi telah memberikan penghargaan dan apresiasi kepada siswa berprestasi sejak tahun pelajaran 2014/2015 melalui Komite Madrasah dengan memberikan beasiswa prestasi. Pada tahun ajaran 2016/2017 ini merupakan tahun ketiga. (mh-pr/gt)