Kota Semarang Juara Bertahan MAPSI SD Jateng 2018

Semarang – Kota Semarang kembali berhasil meraih predikat juara umum Lomba Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Seni Islami (MAPSI) SD ke-21 tingkat Jawa Tengah. Tahun 2018 Lomba MAPSI SD dilaksanakan di Kabupaten Wonogiri, Jum’at sd Minggu (16 sd 18/11) diikuti oleh peserta utusan kabupaten/kota se-Jawa Tengah.

Ketua KKG PAI SD Kota Semarang Istamar menuturkan Lomba MAPSI memperebutkan thropy bergilir Gubernur Provinsi Jawa Tengah dan thropy tetap Bupati/Walikota tuan rumah.

“Terdapat 11 cabang lomba putra dan putri. Alhamdulillah dengan raihan 4 medali emas, 4 perak dan 3 perunggu, kontingen Kota Semarang dinyatakan sebagai juara umum.” terang Istamar.

4 medali Kota Semarang diraih pada cabang Cerdas Cermat (putra), Karya Tulis Ilmiah (putra), cabang Teknologi Informasi dan Komunikasi Islami (TIKI) animasi (putri) .dan Kewirausahaan Islami (Makanan putra).

Sedangkan medali perak sebanyak 4 buah pada cabang lomba Baca Tulis AlQur’an (putri), TIKI pengetikan (putra), Macapat Islami (putri) dan Rebana music klasik.

Selanjutnya juara III berhasil dicapai Kota Semarang pada cabang Pengetahuan dan Keterampilan Agama Islam, Gerakan Bacaan Sholat (putra), Kewirausahaan Islami (makanan putri) dan Khitabah (putri).

Istamar menyampaikan keberhasilan Kota Semarang sebagai juara umum dua kali berturut-turut menunjukkan bahwa gairah pendidikan agama Islam di Kota Semarang semakin menunjukkan kemajuan.

“Semua pemangku kepentingan PAI di sekolah mulai dari orang tua, GPAI, KKG PAI, Kepala Sekolah, Kementerian Agama dan Dinas Pendidikan telah bergerak bersama mewujudkan Kota Semarang yang peduli pada pendidikan agama menuju Kota Semarang Hebat,” ujar Ketua KKG PAI dengan bangga.

Sementara Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Semarang Muh Habib yang juga hadir pada acara pembukaan MAPSI SD Jateng di Wonogiri, ketika dihubungi merasa puas, senang dan bangga atas capaian kontingen Kota Semarang.

“Setelah tahun 2017 lalu Kota Semarang berhasil meraih juara umum MAPSI SD Ke-20, Alhamdulillah tahun 2018 ini Kota Semarang kembali mempertahankan piala bergilir gubernur Jateng,” ungkap Muh Habib.

Pihaknya menyampaikan terima kasih kepada Dinas Pendidikan, KKG PAI SD Kota Semarang, para GPAI, dan Kepala sekolah yang telah turut serta mendukung dan memfasilitasi kegiatan MAPSI sehingga bisa berhasil untuk kedua kalinya.

“Tanpa do’a bersama, kerja sama, koordinasi dan kerja keras dari semua pihak, mustahil prestasi ini dapat kita raih. Terima kasih juga untuk semua pihak yang telah membantu dan berpartisipasi pada kegiatan ini,” imbuh Kakankemenag

Dirinya berharap prestasi yang diraih ini dapat memicu dan memacu semangat kalangan madrasah Kota Semarang untuk bisa menyusul keberhasilan pada lomba tingkat Jawa Tengah.

Dengan predikat juara umum, disamping memperoleh thropy bergilir Gubernur Jawa Tengah, Kota Semarang juga mendapatklan thropy tetap Bupati Wonogiri. (ch/gt)