KPHI : Walaupun Luas, Embarkasi Solo Bersih

Boyolali (Inmas) – Anggota Komisi Pengawas Haji Indonesia (KPHI), Samidin Nashir melakukan pemantauan terhadap pemberangkatan Calon Jemaah Haji (CJH) melalui Embarkasi Solo selama tiga hari. Dalam kunjungannya tersebut, KPHI mengapresiasi kinerja satgas dan kebersihan Embarkasi Solo yang menjadi tempat untuk mempersiapkan banyak hal terkait penyelenggaraan ibadah haji.

“Saya mengapresiasi kinerja pada seluruh jajaran PPIH Embarkasi Solo, terimakasih. Kemudian, saya juga melihat bahwa Embarkasi Solo ini dari kebersihan bagus, di tempat lain banyak yang tempatnya lebih kecil tapi tidak sebersih disini yang luas” kata Samidin saat memberikan pengarahan dalam kegiatan Rapat Evaluasi Minggu ke-II Satgas PPIH di Ruang Rapat Gedung Madinah, (26/07).

Siang hari sebelum mengikuti rapat evaluasi, Anggota KPHI bersama Panitia PPIH, Abdul Jalil dan Kasubbag Humas, Afief Mundzir mengelilingi seluruh lokasi Embarkasi Solo. Dimulai dari pintu gerbang depan hinggga bagian belakang dapur, Samidin memeriksa dengan seksama setiap detil lokasi yang dilewatinya, tidak terkecuali lorong-lorong yang juga dilaluinya.

Secara keseluruhan, Anggota KPHI ini memberikan nilai baik terhadap kesiapan Embarkasi Solo dalam mengurusi Jemaah Haji. Namun demikian, Ia memberikan beberapa catatan agar kedepan fasilitas manasik yang ada di Embarkasi Solo di perbaharui dan dilengkapi.

“Fasilitas manasik perlu segera direnovasi, diperbaharui mirip seperti aslinya agar nanti punya daya tawar tinggi bagi masyarakat yang akan menggunakan untuk kepentingan latihan manasik haji maupun umrah.” jelas Samidin.

Rapat Evaluasi mingguan yang dilaksanakan setiap malam Jum'at kali ini dipimpin langsung oleh Wakil Ketua II PPIH Embarkasi Solo, Muhammad Lutfi Hamid yang juga Kepala Kanwil Kemenag Prov. DIY. Adapun peserta rapat adalah jajaran pimpinan satgas PPIH Embarkasi Solo bersama Instansi terkait. (hd/afif)