KSM dan AKSIOMA ajang membangun kemampuan madrasah

Wonogiri – Pendidikan madrasah ditujukan untuk membangun landasan bagi berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap dan kritis, kreatif, inovatif, mandiri, percaya diri dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggungjawab. Untuk mencapai tujuan tersebut di perlukan berbagai program yang antara lain adalah dalam bentuk kegiatan kesiswaan yaitu AKSIOMA (Ajang Kompetensi Seni dan Olah Raga Madrasah) dan KSM (Kompetisi Sains Madrasah).

Seksi Pendidikan Madrasah Kankemenag Wonogiri bertempat di Aula Kankemenag Wonogiri, Rabu (08/03/15) mengadakan Rapat Koordinasi dengan Kepala Madrasah Ibtidaiyah,Tsanawiyah dan Aliyah baik negeri maupun swasta se Kabupaten Wonogiri dengan agenda mempersiapkan pelaksanaan kegiatan AKSIOMA (Ajang Kompetensi Seni dan Olah Raga Madrasah) dan KSM (Kompetisi Sains Madrasah) tingkat Kabupaten dan persiapan pengiriman tingkat Provinsi Jawa Tengah sekaligus membahas tentang juklak dan juknis, jadwal dan tempat pelaksanaan Aksioma dan KSM.

Dalam Sambutannya Kasi Pendidikan Madrasah Drs. H. Ahmad Farid, MSI menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas persiapan penyelenggaraan KSM Tingkat Kabupaten Wonogiri tahun 2015, dan berharap kepada siswa madrasah untuk selalu optimis dan percaya diri dan berharap KSM bisa menjadi wahana bagi siswa madrasah untuk senantiasa mengembangkan bakat dan minat di bidang sains sehingga dapat berkreasi dan mencintai sains, memotivasi siswa madrasah agar selalu meningkatkan kemampuan intelektual, emosional dan spiritual berdasarkan nilai-nilai islami.

Ahmad Farid berpesan agar kegiatan Aksioma dan KSM bisa meningkatkan mutu pendidikan sains di madrasah secara komprehensif, menjadi ajang membangun kemampuan (capacity building) serta bisa memupuk motivasi bagi siswa madrasah untuk terus mencintai dan bergairah mempelajari IPTEK sehingga pada gilirannya siswa madrasah mampu mengembangkan antara IPTEK dan IMTAK.

Dalam paparannya beliau menginginkan kepada seluruh kepala Madrasah agar mendukung segala kegiatan tersebut dan mendorong baik guru maupun siswa untuk mempersiapkan diri dan memeriahkannya serta menekankan kepada setiap madrasah untuk mempersiapkan peserta didiknya yang berpotensi dalam mengikuti ajang tersebut.

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wonogiri Drs. H. Safrudin, MSI mengajak seluruh komponen madrasah untuk turut serta menyukseskan pelaksanaan Aksioma dan KSM Tingkat Kabupaten Wonogiri dan sukses pengiriman ke tingkat provinsi.

“Mari kita siapkan siswa-siswi yang mempunyai kemampuan dalam bidang olahraga dan seni untuk meraih prestasi dalam ajang ini, baik yang ditingkat Kabupaten, Provinsi maupun Nasional”, imbuhnya (Mursyid____Her)